'

Penyuluhan Agama TMMD 103 Desa Pengudang

Penyuluhan Agama TMMD 103 Desa Pengudang.

Penyuluhan Agama TMMD 103 Desa Pengudang.

Bintan, LintasKepri.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0315/Bintan bekerja sama dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) setempat menggelar penyuluhan agama tentang iman dan taqwa pada proyek non fisik TMMD Ke- 103 di Balai Desa Pengudang, Kecamatan Telok Sebong, Kabupaten Bintan, Rabu (24/10).

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 yang dilaksanakan Kodim 0315/Bintan sudah berjalan hari kegiatannya, adalah suatu program terpadu antara TNI khususnya TNI AD dan pemerintah daerah yang bertujuan mempercepat pelaksanaan pembangunan didaerah dengan harapan kesejahteraan masyarakat.

“Selain sasaran pokoknya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat didaerah, TMMD juga bertujuan untuk pembinaan keamanan wilayah,” tutur Dandim 0315/Bintan, Letkol Inf I Gusti Bagus Putu Wijangsa.

Ia mengatakan, disamping pengerjaan fisik juga dijalankan penyuluhan agama sebagai salah satu sasaran non fisik oleh Satgas TMMD ke-103.

“Penyuluhan agama sangat penting karena itu program non fisik. Ini harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Bintan, Muhammad Nasir selaku penceramah pada kegiatan penyuluhan menuturkan, iman dan taqwa merupakan salah satu unsur yang penting dalam ajaran Islam.

“Kata iman dan taqwa sangat populer dalam ajaran Islam. Kata ini selalu disebut-sebut didalam ceramah, pidato baik secara langsung, di televisi maupun radio, bahkan waisiat taqwa merupakan rukun dari khutbah Juma’at. Jadi dapat disimpulkan bahwa taqwa dan iman itu merupakan prioritas penting dalam ajaran Islam,” ucap Muhammad Nasir dalam penyuluhannya yang diikuti oleh warga Desa Pengudang.

Dia mengungkapkan, sebagai umat Islam harus mengerti tentang iman dan taqwa dalam keseharian.

“Kita sebagai umat islam haruslah mengerti apa yang dimaksud dengan iman dan taqwa yang biasa disingkat Imtaq dalam kurikulum Sekolah Dasar, didalam Al-Quran sangat banyak disebutkan kata iman dan taqwa, (Hai orang yang beriman, hai orang yang bertaqwa). apa sebenarnya ketaqwaan itu dan bagaimana iman itu, dan apakah ada hubungan iman dan taqwa,” paparnya.

Menurutnya, orang yang memiliki iman dan taqwa akan selalu dijaga oleh Allah SWT dan akan dimuliakan hingga diakhirat kelak.

“Orang yang bertaqwa adalah orang yang dekat dengan Allah, dan Allah yang akan menjaganya dan memudahkan rezeki baginya dan lain-lain dalam tanda kutip orang yang bertaqwa itu mendapat tempat yang dimuliakan oleh Allah SWT,” tutupnya.

(*)

Baca juga :

Top