''

Panlih Periksa Kelengkapan Berkas Calon Wagub Kepri

Cawagub Kepri Isdianto foto bersama Panlih.

Cawagub Kepri Isdianto foto bersama Panlih.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur (Wagub) Kepri menggelar rapat pemeriksaan kelengkapan berkas calon Wagub, Kamis (28/9).

Dalam pemeriksaan ini, Panlih memeriksa kelengkapan sekaligus menjelaskan kekurangan berkas terhadap dua calon Wagub yang diusulkan gubernur, Agus Wibowo dan Isdianto.

Sayangnya dalam pemeriksaan berkas tersebut, Agus Wibowo tidak hadir hingga waktu yang ditentukan.

Ketua Panlih, Hotman Hutapea tidak mempermasalahkan ketidakhadiran Agus Wibowo. Menurutnya, Panlih tetap akan memberikan waktu seminggu kepadanya untuk melengkapi berkas yang ada.

“Tidak masalah. Yang penting, selama seminggu ini dilengkapi saja berkasnya,” tegas Hotman diruang Panlih.

Jika dalam seminggu nantinya Agus Wibowo tetap tidak melengkapi berkas, maka Panlih akan memberikan waktu tambahan seminggu untuk melengkapi berkas.

“Jika memang dalam masa perpanjangan itu Agus tidak melengkapi berkas, maka Panlih akan mengembalikan berkas pencalonan Agus kepada Gubernur Kepri untuk diganti,” ungkapnya.

Gubernur, sambung Hotman, diberi waktu seminggu untuk mengusulkan kembali satu nama pengganti. Jika dalam waktu satu minggu itu gubernur tidak mengusulkan, maka Panlih akan kembali menyurati gubernur untuk menyerahkan nama dalam waktu seminggu.

“Jika tidak, kita akan meminta arahan Mendagri untuk langkah selanjutnya. Apakah bisa dilanjutkan atau tidak,” tegas Hotman.

Kembali kesoal ketidak hadiran Agus Wibowo, Hotman menambahkan bahwa pihaknya sudah menyerahkan undangan kepada Agus beberapa waktu lalu. Maka dari itu, ia tidak mengetahui penyebab pasti Agus tidak hadir.

“Pagi tadi staf kami sudah coba menghubungi. Namun, tidak tersambung, offline. Bisa jadi lagi di pesawat. Kami baru tau dari staf beliau, kalau yang bersangkutan sedang dinas luar,” terang Hotman.
Dia memaparkan untuk pemeriksaan berkas Cawagub atas nama Isdianto, pihaknya sudah memberikan penjelasan hingga kekurangan apa saja yang perlu dilengkapi.

Beberapa syarat diantaranya adalah surat pernyataan kesetiaan kepada Pancasila, NKRI dan lain sebagainya dalam satu tandatangan dan materai.

Selain itu, Isdianto juga belum melengkapi daftar riwayat hidup, naskah pokok pikiran Cawagub dan surat pengunduran diri.

Untuk surat pengunduran diri, Hotman menjelaskan bahwa Isdianto cukup membuat surat pernyataan mengundurkan diri yang tidak bisa ditarik lagi diatas materai.

Menanggapi kekurangan berkas, Isdianto mengaku akan segera melengkapi seluruh berkas yang diminta.

“Senin kemungkinan akan saya serahkan kepada Panlih,” kata Isdianto.

(*)

Baca juga :

Top