'

BMKG Prediksi 1 Syawal Hujan

BMKG.

BMKG.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, memprediksi hujan terjadi pada 1 Syawal 1440 H.

Kepala BMKG Tanjungpinang melalui Prakirawan Ardhito, Selasa, menuturkan, kondisi cuaca pada esok hari 1 berpeluang terjadinya hujan ringan – lebat dari pagi hingga siang. Hujan yang terjadi bersifat lokal dan berpotensi disertai petir.

Kondisi ini dikarenakan adanya belokan angin di wilayah Pulau Bintan yang menyebabkan pengumpulan massa udara sehingga berpotensi terjadinya hujan.

“Kondisi cuaca yang terjadi esok hari masih terbilang kondusif untuk melakukan kegiatan di laut, baik arus mudik maupun kegiatan lain di laut,” ungkapnya.

Ketinggian gelombang 0,5 – 0,8 meter, khusus untuk perairan Anambas-Natuna 0,5 – 1,0 meter dan hembusan angin bertiup dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 20 km/jam.

“Kita imbau kepada masyarakat agar mewaspadai awan cumulonimbus (awan yang bergumpal-gumpal berwarna hitam pekat) yang dapat menyebabkan cuaca buruk seperti hujan lebat, angin kencang, petir, dan angin puting beliung secara tiba-tiba,” tutupnya.

(cho)

Baca juga :

Top