'

Dinkes Berencana Imunisasi Bayi di Tanjungpinang

Imunisasi terhadap balita.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang berencana melakukan imunisasi vitamin A terhadap bayi didaerah tersebut selama Februari 2018.

Untuk bayi diberikan kapsul warna biru berisi 100 ribu IU vitamin A, dan untuk balita kapsul warna merah berisi 200 ribu IU vitamin A.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan, pemberian kapsul vitamin A itu akan dimulai sejak Kamis 1 Februari 2018 melalui pos penimbangan, Posyandu, TK, PAUD, dan Puskesmas.

“Target kami pada bulan Februari ini sebanyak 2.300 bayi diberi imunisasi, dan imunisasi tersebut dapat diperoleh di Posyandu-Posyandu terdekat,” katanya Selasa (30/1).

Menurut Rustam, kapsul vitamin A itu sangat penting didapatkan oleh balita agar terhindar dari kekurangan vitamin A yang dapat menimbulkan beberapa penyakit berbahaya bagi bayi.

“Ada beberapa penyakit yang bisa timbul pada anak yang kekurangan vitamin A berkelanjutan antara lain mata kering, buta ayam, diare, kulit kering, lebih rentan terhadap campak dan ISPA. Sedangkan penyakit paling berpotensi dari kekurangan vitamin A pada bayi adalah rabun senja,” terangnya.

Rustam mengimbau agar orang tua balita di Kota Tanjungpinang untuk dapat mengunjungi Posyandu dilingkungan masing-masing guna mendapatkan vitamin A.

“Jangan ada satupun anak balita yang tertinggal,” tegasnya.

(M. Danu)

Baca juga :

Top