Hardiknas 2024: Merdeka Belajar Membawa Semangat Baru

Hardiknas 2024: Merdeka Belajar Membawa Semangat Baru
Gubernur Kepri Ansar Ahmad usai Upacara peringatan Hardiknas di Batam. Foto: Diskominfo Kepri.

Lintaskepri.com, Batam – Ribuan insan pendidikan memadati Lapangan Cipta Grand City Sagulung, Kota Batam, dalam Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2024).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. Dalam amanatnya, Ansar membacakan pesan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim.

Pesan ini mengajak seluruh insan pendidikan untuk terus melompat membawa Indonesia ke masa depan yang lebih cerah melalui Profil Pembelajaran Merdeka Belajar.

“Lima tahun terakhir ini merupakan perjalanan luar biasa bagi Kemendikbudristek,” ungkap Gubernur Ansar.

“Melalui gerakan Merdeka Belajar, kita semakin disadarkan akan tantangan dan peluang besar untuk memajukan pendidikan di Indonesia,” sambungnya.

Ansar mengatakan merubah sistem pendidikan yang besar dan kompleks serta mengubah perspektif tentang proses belajar mengajar bukanlah hal yang mudah.

Di awal perjalanannya, rasa tidak nyaman dan keraguan mewarnai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

Namun, pandemi Covid-19 yang tak terduga justru menjadi momentum untuk mengakselerasi perubahan.

Dengan semangat gotong royong, seluruh insan pendidikan berjuang untuk pulih dan bangkit kembali, menjadi jauh lebih kuat dalam menghadapi berbagai rintangan.

“Hasil dari perjuangan tersebut mulai terasa. Wajah baru dunia pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar,” ucapnya.

Ansar yakin Anak-anak Indonesia kembali berani bermimpi dan guru-guru pun berani mencoba hal-hal baru.

Mereka mendapatkan kepercayaan dan keleluasaan untuk belajar dan mengajar dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif.

“Perjalanan ini harus dilanjutkan untuk mewujudkan sekolah yang dicita-citakan. Meskipun masa pengabdian Menteri Nadiem sebagai Mendikbudristek telah berakhir, gerakan Merdeka Belajar tidak akan berhenti,” katanya.

Gubernur Ansar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Nadiem atas dedikasinya dan menitipkan estafet kepemimpinan gerakan Merdeka Belajar kepada seluruh penggerak perubahan di bidang pendidikan.

Upacara Hardiknas tahun ini juga diwarnai dengan penyerahan berbagai penghargaan dan bantuan.

Penghargaan diberikan kepada siswa berprestasi, guru berprestasi, sekolah penerima adiwiyata, dan tokoh industri.

Bantuan berupa SK PPPK untuk 665 tenaga pendidik, 20 SK untuk tenaga kesehatan, bantuan personil peserta didik, dan seragam pendidikan bagi siswa SMA/SMK/SLB se Kepri juga diserahkan secara simbolis.(Adv)

Editor: Yli