'

Kurang Perhatian Pemerintah, Pekat IB Percantik Makam Daeng Celak

Makam Daeng Celak di Sungai Carang kini terlihat cantik.

Makam Daeng Celak di Sungai Carang kini terlihat cantik.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat IB) Provinsi Kepri, beserta Brigade Pekat IB, Srikandi Pekat IB menggelar acara syukuran atas kegiatan Bhakti Sosial Pekat IB di makam yang dipertuan Muda Johor-Pahang-Riau-Lingga, Daeng Celak Sungai Carang, Minggu (23/4).

Selain itu juga, dua bangunan utama makam tersebut dipercantik dengan dilakukan pemasangan spandek demi kenyamanan para wisatawan yang hendak berziarah.

“Kita berangkat dari hal yang kecil. Ormas Pekat IB melihat kondisi cagar budaya ini kurang diperhatikan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang maupun provinsi. Oleh karena itu, DPW Pekat IB Kepri melalui Ketua Brigade Pekat IB yang dikomandoi oleh Bambang Suripto mengambil langkah untuk mempercantik situs sejarah ini,” tegas Wakil Ketua DPW Pekat IB dan Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan Kaderisasi (OKK), Doni Yarzal.

Kegiatan sosial seperti ini diharapkan perhatian pemerintah kedepannya lebih maksimal lagi.

“Ingat, sejarah dan budaya itu menunjukan bangsa. Sebagai anak bangsa kita harus menunjukkan kerja nyata, bukan sekedar ucapan,” kritik Doni.

Terpisah, Sekretaris Wilayah Muhammad Najib mengatakan, kegiatan tersebut bukan bersumber dari anggaran APBD ataupun sponsor dari luar. Melainkan menggunakan anggaran pengurus Pekat IB.

“Terutama pak Bambang Suripto selaku Ketua Brigade Pekat IB Provinsi Kepri,” ungkap Muhammad Najib.

Ketua Brigade Pekat IB Provinsi Kepri, Bambang Suripto.

Ketua Brigade Pekat IB Provinsi Kepri, Bambang Suripto.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPD Pekat IB Kota Tanjungpinang, Muflih Azhar. Menurutnya sudah saatnya organisasi masyarakat mulai bergerak dengan kerja nyata.

“Pekat IB memiliki komitmen yang kuat, selain sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, kami juga ingin hadir ditengah-tengah masyarakat. Saat ini, diinternal Pekat IB sedang disusun penguatan ekonomi dengan mendirikan Koperasi, dan Lembaga Bantuan Hukum. Ini komitmen Pekat IB yang digaungkan oleh Ketua Umum, bapak Markoni Kotto,” papar Muhlih Azhar.

Sementara itu, Bambang Suripto mengajak semua pihak untuk kembali pada nilai-nilai dasar bangsa Indonesia yakni budaya gotong royong.

“Ini merupakan salah satu cara kami, membangun budaya gotong royong yang dimulai dari internal Pekat IB,” kata dia.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Srikandi Pekat IB Kepri, Hasanah Fitriati, Ketua DPD Pekat IB Kabupaten Bintan, Muhammad Zacky dan seratus pengurus Pekat IB di Provinsi Kepri maupun Kota Tanjungpinang.

(Iskandar)

Baca juga :

Top