Cegah Penyakit Gizi, Puskesmas Sei Jang Lakukan Skrining Kesehatan ke Sekolah

Muhammad Faiz
Cegah Penyakit Gizi, Puskesmas Sei Jang Lakukan Skrining Kesehatan ke Sekolah
Petugas Puskesmas Sei Jang sedang melakukan pemeriksaan kesehatan kepada salah satu siswa di SMA Negeri 2 Tanjungpinang, Selasa (17/9/2024). Foto: Lintaskepri/Mfz

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sei Jang Kota Tanjungpinang melaksanakan skrining atau pemeriksaan kesehatan pada siswa SMAN 2 Tanjungpinang, Selasa (17/9/2024).

Kegiatan ini menyasar seluruh siswa kelas X yang baru memulai tahun ajaran 2024/2025.

Program pemeriksaan kesehatan ini merupakan langkah preventif untuk mendeteksi berbagai potensi gangguan kesehatan sedini mungkin.

Terutama, yang berhubungan dengan masalah gizi dan kesehatan fisik secara umum.

Pemeriksaan diawali dengan pengukuran suhu tubuh, tinggi badan, berat badan untuk menentukan status gizi pada anak, lalu dilanjutkan kepada cek mulut.

Kemudian, pemeriksaaan buta warna, cek mata, telinga, golongan darah lalu pengisian kuisioner kebiasaan merokok pada laki laki dan skrining anemia pada perempuan.

Dokter Gizi Puskesmas Sei Jang Tanjungpinang, Gotri M Siahaan, mengatakan skrining tersebut penting dilaksanakan agar para siswa terhindar dari berbagai macam penyakit gizi.

Secara umum, Gotri menjelaskan pada saat pemeriksaan banyak di dapati sejumlah masalah kesehatan pada tubuh siswa.

Diantaranya, masalah pada hemoglobin (hb) pada darah, buta warna hingga gangguan pada telinga.

“Jadi untuk tindak lanjutnya apabila terdeteksi gangguan tersebut, maka kita akan memberikan rujukan kepada siswa dan memberikan edukasi. Agar siswa segera berobat ke Puskesmas terdekat,” katanya kepada Lintaskepri.

Selain itu, ia juga menambahkan, skrining kesehatan merupakan program dari Kementerian Kesehatan yang dilaksanakan setiap setahun sekali kepada seluruh siswa.

“Oleh karena itu, diharapkan seluruh siswa untuk mengikuti rangkaian pemeriksaan ini, agar siswa selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” tambahnya.

Sebagai informasi, skrining kesehatan untuk tingkat SMP di Kota Tanjungpinang telah selesai dilaksanakan pada awal September.

Sedangkan, untuk tingkat SMA, skrining akan berlangsung hingga akhir bulan ini. (Mfz)

Editor: Ism

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *