Kasatpol-PP Natuna, Dodi Nuryadi : Idealnya Satpol-PP Harus Hidup 24 Jam

Kasat Pol-PP Natuna, Dodi Nuryadi.

Kasat Pol-PP Natuna, Dodi Nuryadi.

Natuna, LintasKepri.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Natuna, Dodi Nuryadi, yang dilantik oleh Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, pada 24 Januari 2018 kemarin, langsung melaksanakan tugasnya sebagai seorang pimpinan disatuannya.

Saat ditemui awak media diruang kerjanya, pada Senin (29/01/2018) kemarin, dirinya mengaku akan segera melaksanakan penyegaran ditubuh Satpol-PP Natuna, sesuai keinginannya.

“Saya ingin pengawasan yang dilakukan oleh personil saya, baik itu pelanggaran Perda, Pekat dan Ketertiban Masyarakat, itu tidak sistuasional, mau saya 24 jam,” tegas Dodi Nuryadi.

Ia berharap, ada patroli pengawasan oleh personilnya pada waktu pagi dan malam, tidak hanya hanya dilakukan sepekan sekali seperti yang terjadi pada saat sebelumnya.

Saat ini, kata Dodi, belum ada tim regu stanby yang roling untuk berpatroli pagi dan malam. Seharusnya ada yang masuk siang, malam dan off.

“Dalam waktu dekat akan kita berlakukan. Saat ini kami sedang menyusun formasi, siapa yang akan masuk dalam tim-tim patroli,” katanya, “Karena idealnya Satpol-PP itu harus hidup 24 jam, kantor tidak boleh sepi atau bahkan kosong,” cetusnya lagi.

Setelah program ini dijalankan, kedepan petugas tindak internal (PTI) atau Provos, harus mobile mengecek seluruh pos penjagaan setiap 3 jam sekali, untuk memastikan personil siap siaga, tidak melakukan hal diluar ketentuan, peralatan lengkap serta berpakaian lengkap dan rapi.

“Artinya kita punya klinik pengaduan, baik itu pengaduan trantib atau untuk konsultasi. Sehingga masyarakat bisa melaporkan pelanggaran trantib selama 24 jam,” harapnya.

Selain itu, kedepan dirinya juga akan membekali setiap personil saat bertugas dilapangan, agar tidak menyalahi prosedur yang berlaku.

“Saya tidak mau anggota saya salah melaksanakan prosedur saat bertugas dilapangan. Para petugas harus terlebih dahulu dibekali bagaimana melakukan tindakan dan komunikasi yang baik dengan masyarakat. Baru nanti kalau sudah selesai semua, pasti akan efektif patroli 24 jam,” pungkas lelaki yang telah 10 tahun berpengalaman di Satpol-PP tersebut.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top