Tabligh Akbar 1 Muharram di Tanjungpinang: Ustadz Ucay Hibur Ribuan Jemaah dengan Ceramah Penuh Makna

Tabligh Akbar 1 Muharram di Tanjungpinang: Ustadz Ucay Hibur Ribuan Jemaah dengan Ceramah Penuh Makna
Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Ketua BKMT Kepri, Dewi Kumalasari Ansar tertawa saat menyaksikan ceramah Ustadz Ucay . Foto: Diskominfo Kepri.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Ribuan jemaah memadati Gedung Daerah Tanjungpinang, Minggu (7/7/2024), untuk menghadiri Tabligh Akbar 1 Muharram 1446 Hijriah tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Acara ini dimeriahkan oleh ceramah inspiratif dari Ustadz Anugrah Cahyadi, atau yang akrab disapa Ustadz Ucay.

Gaya ceramah Ustadz Ucay yang khas, penuh celetukan dan guyonan, membuat suasana Tabligh Akbar menjadi hidup dan penuh keceriaan. Namun, di balik canda tawanya,

Baca juga: Wagub Marlin Agustina Ajak Masyarakat Batam Sambut Tahun Baru Islam dengan Semangat Baru

Ustadz Ucay menyampaikan pesan-pesan mendalam tentang ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Salah satu poin penting yang disampaikan Ustadz Ucay adalah tentang kemurahan hati Allah SWT.

Menurutnya, Allah SWT menjamin semua makhluk hidup mendapatkan rahmat-Nya (Ar-Rahman), namun tidak semua makhluk mendapat kasih sayang-Nya (Ar-Rahim).

“Hanya mereka yang bersungguh-sungguh untuk beriman dan bertakwa kepada Allah SWT yang bisa mendapat Ar Rahim, terlebih mereka yang duduk dalam majelis ilmu seperti ini,” kata Ustadz Ucay.

Ustadz Ucay juga mengingatkan jemaah untuk selalu rendah hati dan tidak sombong dengan kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki.

Baca juga: Pelayan Kantor Imigrasi Tanjungpinang Kembali Normal

“Kita ibarat lampu dinding yang ketika masanya habis maka padamlah dia, sungguh kita adalah makhluk yang fana di hadapan Allah,” ujarnya.

Selain ceramahnya yang inspiratif, Ustadz Ucay juga mengajak jemaah untuk mengajarkan sholawat kepada anak-anak dan memperbanyak silaturahmi.

Tabligh Akbar kali ini diikuti oleh sekitar 7.000 orang dari berbagai organisasi keagamaan dan pelajar di Kota Tanjungpinang.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku sangat gembira melihat antusiasme masyarakat.

“Mari kita tinggalkan catatan-catatan lama di masa lalu dan di 1 Muharram ini kita akan menjadi pribadi yang lebih baik serta memggoreskan tinta yang baik,” kata Gubernur Ansar.

Baca juga: Wartawan Dihalangi Saat Hendak Meliput RDP di DPRD Bintan

Ketua BKMT Kepri, Dewi Kumalasari Ansar, berharap acara Tabligh Akbar ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang makna Tahun Baru Islam.

“Melalui acara ini, diharapkan masyarakat Kepulauan Riau dapat memahami makna dari menyambut tahun baru Islam,” kata Dewi.(*)

Editor: Brm