Roadshow Kewirausahaan Dorong UMKM Batam Naik Kelas

Roadshow Kewirausahaan Dorong UMKM Batam Naik Kelas
Roadshow Kewirausahaan Dorong UMKM Batam Naik Kelas. Foto: Media Center Batam.

Lintaskepri.com, Batam – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin secara resmi membuka acara Roadshow Kewirausahaan Menuju UMKM Naik Kelas di Lapangan Voli, Batu Merah Atas, Rabu (19/6/2024).

Acara ini digagas untuk mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Batam meningkatkan kapasitas dan kualitas usaha mereka.

Jefridin menekankan pentingnya peran UMKM dalam pertumbuhan ekonomi daerah.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi kita. Dengan peningkatan kapasitas dan kualitas, kita berharap UMKM di Batam dapat naik kelas dan lebih kompetitif di pasar nasional maupun internasional,” ujar Jefridin.

Jefridin mengapresiasi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam atas implementasi dan aktualisasi gagasan yang berasal dari Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina.

Ia berharap narasumber dapat memberikan ide-ide terbarukan yang dapat membantu para UMKM Kota Batam menjadi wirausahawan yang sukses.

“Juga penting para pelaku UMKM untuk dapat menjaga standar kebersihan dalam bisnis kuliner, serta penampilan yang menarik dan konsistensi rasa produk, juga sikap pelayanan yang baik,” jelasnya.

Saat ini, Pemerintah Kota Batam juga tengah gencar membangun infrastruktur dan sumber daya manusia.

Oleh karena itu, para pelaku UMKM diharapkan dapat turut andil, dan memanfaatkan pembangunan ini dengan menyuguhkan produk-produk yang menjadi ciri khas Batam.

Sehingga dapat menarik minat investor dan wisatawan mancanegara untuk datang ke Batam dan memutar roda perekonomian Kota Batam.

“Pemko Batam berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan UMKM. Kami mengajak seluruh pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang dari pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung dan memperkenalkan produk-produk unggulan Batam ke pasar yang lebih luas,” kata Jefridin.

Roadshow ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM di Kota Batam, membantu mereka dalam meningkatkan omset dan memperluas jaringan bisnis.

Pelaku UMKM mendapatkan berbagai materi pelatihan dan bimbingan dari para ahli kewirausahaan, yang mencakup strategi pemasaran, manajemen keuangan, serta pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Hendri Arulan berharap dengan kegiatan ini peserta dapat memahami kebutuhan mereka terkait aspek legalitas usaha, seperti memiliki NIB dan sertifikat halal.

“Ini merupakan langkah penting dalam membangun fondasi yang kokoh bagi bisnis ibu sekalian,” ujarnya.(*)

Editor: Brm