Proses Coklit Dimulai, KPU Tanjungpinang Imbau Warga Sambut Petugas Pantarlih

Proses Coklit Dimulai, KPU Tanjungpinang Imbau Warga Sambut Petugas Pantarlih
Sebanyak 623 Pantarlih di Tanjungpinang akan melaksanakan pencocokan data pemilih selama 1 bulan kedepan. Foto: Lintaskepri/Mfz

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Dalam rangka persiapan Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang telah merekrut 637 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Para petugas ini akan melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dari tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Faizal, menyatakan seluruh petugas telah dibekali dengan bimbingan teknis sebelum terjun ke lapangan.

“Mereka (pantarlih) sudah kami bekali dengan bimtek, sehingga nantinya tidak kewalahan di lapangan,” ujarnya, Selasa (25/6/2024).

Faizal juga mengungkapkan, dalam proses Coklit kali ini akan ada penambahan data pemilih sekitar 5 ribu jiwa dibandingkan data Pemilu 2024 sebelumnya.

“Berdasarkan data pemilu sebelumnya, DPT kita berjumlah 167.076. Jadi, akan ada penambahan sekitar 5 ribu pemilih, menjadi sekitar 172 ribu jiwa. Data ini akan kita sinkronisasikan sebelum ditetapkan menjadi DPT,” jelasnya.

Untuk itu, Faizal meminta masyarakat agar tidak khawatir dan menyambut kedatangan petugas Pantarlih. Untuk menyakinkan masyarakat, dalam melaksanakan tugas para Pantarlih dilengkapi dengan atribut, seperti topi dan rompi yang khas dan mudah dikenali

“Jadi, jangan takut ketika petugas datang, karena mereka sudah dilengkapi dengan atribut lengkap dari KPU,” ujarnya.

Para petugas Pantarlih akan mendatangi rumah warga dengan membawa formulir pengisian data pemilih serta stiker yang akan ditempel di pintu atau jendela rumah sebagai tanda bahwa Coklit telah dilakukan. (Mfz)

Editor: Ism