Pemko Tpi

Pemkot Tanjungpinang Salurkan Sembako Bantuan dari Pemprov Kepri

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang menyalurkan bantuan sosial (bansos) sembako untuk penanganan COVID-19 dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di empat Kecamatan se-Kota Tanjungpinang, Kamis (20/8).

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di empat kecamatan yakni Bukit Bestari, Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang Barat, dan Tanjungpinang Kota dilakukan oleh Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, kepada penerima bantuan.

Sembako itu adalah bantuan yang bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Kepri untuk masyarakat Kota Tanjungpinang yang terkena dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19.

“Hari ini kita salurkan sembako pemprov. Pemko hanya membantu penyalurannya saja ke masyarakat,” ujar Rahma.

Teknis pendistribusian sama seperti pembagian sembako dari pemkot melalui kelurahan yang dibantu para RT, RW, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Penerimanya sama dengan yang mendapat BLT APBD Pemkot Tanjungpinang,” ujar Rahma.

Selain itu, kata dia, penerima sembako adalah perluasan bagi yang belum pernah sama sekali mendapat bantuan seperti BLT.

Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) adalah yang memenuhi kriteria.

“Semoga BLT dari APBD pemkot dan sembako dari Pemprov Kepri ini dapat membantu meringankan beban masyarakat Tanjungpinang, khususnya yang terdampak COVID-19,” harap Rahma.

Salah satu penerima, Sumiyem (56) yang sehari-hari bekerja sebagai penjual peyek, mengaku bersyukur dan senang mendapatkan bantuan sembako ini.

Ia mengaku selama pandemi COVID-19, penghasilan penjualannya berkurang.

“Alhamdulillah sembako ini bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga saya untuk beberapa hari ke depan,” pungkasnya.

Total penerima bantuan yang Tercatat dan terdata di Tanjungpinang sebanyak 34.090 Kepala Keluarga (KK) dengan rincian sembako diantaranya mie instan, beras 10 kilogram (kg), sirup, sarden, kopi, gula, dan teh.

(kom)