Pemadaman Listrik 7 Jam di Jalan Kuantan Akibat Trafo Rusak

Pemadaman Listrik 7 Jam di Jalan Kuantan Akibat Trafo Rusak
PLN mengoperasikan gardu bergerak untuk mengatasi pemadaman listrik di kawasan Jalan Kuantan, Tanjungpinang. Foto: Lintaskepri/Mfz

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Warga di Jalan Kuantan, Kota Tanjungpinang, mengalami pemadaman listrik selama 7 jam pada Jumat (7/6/2024) pukul 24.00 hingga 07.00 WIB. Pemadaman tersebut disebabkan oleh kerusakan trafo PLN di kawasan tersebut.

Supervisor Teknik UP3 PLN Tanjungpinang, Riski Ikbal Bonjol, menjelaskan bahwa kerusakan trafo teridentifikasi setelah dilakukan pengecekan oleh petugas.

“Awalnya, saat pengukuran, trafo tampak normal. Namun, ketika dinormalkan, terdapat kelainan pada sistem,” ujarnya.

Untuk mengatasi pemadaman dan mempercepat pemulihan pasokan listrik, PLN Tanjungpinang memasang gardu bergerak di tepi jalan sebelah trafo yang rusak di Jalan Damai.

“Gardu bergerak ini berfungsi sebagai trafo alternatif untuk mempercepat recovery penormalan listrik di Jalan Kuantan dan sekitarnya,” kata Riski.

Riski menambahkan, PLN telah melapisi trafo yang rusak dengan garis kuning sebagai tanda bahaya. Ia juga memastikan bahwa pemadaman tidak akan kembali terjadi secara menyeluruh karena telah dipasangkan gardu bergerak.

“Saat ini, belum ada laporan keluhan dari warga mengenai pemadaman listrik. Jika ada laporan, kami akan langsung mendatangi rumah warga dan mengecek situasinya,” ungkapnya.

“Biasanya, pemadaman terjadi di rumah-rumah individu. Setelah dilaporkan, kami akan segera menghidupkan kembali listriknya,” imbuh Riski. (Mfz)

Editor: Ism