Pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim Batam Dimulai, Target Selesai 2026

Lintaskepricom
Pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim Batam Dimulai, Target Selesai 2026
Pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim Batam Dimulai, Target Selesai 2026. Foto: Media Center Batam.

Lintaskepri.com, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, meresmikan pembangunan Terminal II Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Kamis (30/5/2024).

Peresmian ini menandai dimulainya pembangunan terminal baru yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas bandara dan menarik lebih banyak wisatawan dan investor ke Batam.

Pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim ditargetkan selesai pada tahun 2026. Terminal baru ini akan memiliki luas 50.000 meter persegi dan menampung 9,6 juta penumpang per tahun.

“Saya juga berharap Terminal II ini menjadi percontohan yang bertaraf dan berstandar internasional,” harapnya.

“Nanti akan dibangun mall dan hotel di kawasan bandara ini. Sehingga orang luar yang datang ingin belanja ke Batam bisa langsung belanja di sini, tanpa perlu keluar dari kawasan bandara,” tambahnya.

Direktur PT. BIB Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan Terminal II juga akan dilengkapi dengan tempat parkir baru dan apron baru yang mampu menambah kapasitas 10 pesawat tambahan.

“Kami konsorsium dari Incheon, AP 1 dan WIKA berkomitmen menghadirkan bandara kelas dunia di Batam,” katanya.

Pikri menjelaskan pembangunan ini akan menelan biaya Rp 2,4 triliun. Desainnya akan mengadopsi kearifan lokal dengan bentuk kepak sayap burung elang dan batik, flora dan fauna khas Kepri misalnya ikan marlin dan gonggong.

Pembangunan Terminal II Bandara Hang Nadim diharapkan dapat meningkatkan konektivitas udara di Batam dan menarik lebih banyak wisatawan dan investor ke Batam.

“Terminal II Bandara Hang Nadim merupakan proyek infrastruktur strategis yang diharapkan dapat mendukung kemajuan ekonomi Batam.,” katanya.(*/Brm)

Editor: Brm

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *