Natuna kembali Zona Kuning, Bupati Minta Masyarakat Jangan Panik dan Tetap Patuhi Prokes

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal (baju biru) dalam sebuah kesempatan.

Natuna, LintasKepri.com – Setelah sempat kembali ke zona hijau, kini Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), kembali pada status zona kuning Covid-19.

Hal ini menyusul adanya salah seorang perawat di ruang UGD Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Natuna, yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kabar ini diketahui melalui konfernsi pers dari Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna, di Rumah Makan Gerai, Jemengan, Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Senin (02/11/2020) kemarin.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna, saat menggelar rapat koordinasi untuk membahas kasus baru Covid-19.

“Tim Satgas Covid Natuna sebelumnya telah melakukan rapid test terhadap 4 orang yang dinyatakan reaktif Covid. Setelah uji PCR dilakukan, satu diantaranya dinyatakan positif, yakni Ny. LP,” terang Juru Bicara Gustu Penanganan Covid-19 Natuna, Hikmat Aliansyah.

LP merupakan orang kedua di Natuna yang terpapar Covid-19. Sebelumnya pertengahan Oktober lalu salah seorang warga berinisial Z, juga telah divonis terpapar Covid-19, dan akhirnya meninggal dunia.

Saat ini, LP sedang menjalani isolasi di ruang isolasi RSUD Natuna. Selain itu, keluarga LP dan rekan-rekan LP di RSUD Natuna juga telah dilakukan rapid test, dan sample swabnya sudah dikirimkan ke BTKL Kota Batam.

“Mudah-mudahan hasilnya negatif semua,” harap Hikmat Aliansyah.

Melalui banner, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna menghimbau kepada seluruh masyarakat Natuna, untuk tetap menjalankan Protokol Kesehatan disaat libur panjang.

Sementara itu ditempat terpisah, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, menghimbau kepada seluruh masyarakat Natuna agar tidak panik dan tetap tenang, atas adanya kasus baru Covid-19 didaerahnya.

Hamid juga mengajak agar masyarakat Natuna dapat mendo’akan LP supaya segera sembuh dari virus corona.

“Kita do’akan saja, supaya Ny. LP tidak kenapa-napa. Mari kita berikan motivasi kepada beliau, agar bisa iklas dan tabah dalam menghadapi cobaan ini,” ujar Hamid Rizal, Senin (02/11/2020) malam.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Gustu Penanganan Covid-19 Kabupaten Natuna itu, mengajak seluruh elemen masyarakat di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), agar bisa terhindar dari virus yang berasal dari Kota Wuhan, China.

“Marilah sama-sama kita perangi pandemi Covid-19 ini, caranya ya dengan mematuhi protokol kesehatan. Pakai masker ditempat umum, rajin cuci tangan, jangan berkerumun dan jaga kesehatan,” pesan Hamid Rizal. (Erwin)