Mengenal Kegiatan Shalat Tarawih Umat Muslim di Bulan Ramadhan

Pelaksanaan shalat tarawih di masjid. (Foto Lintaskepri)

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Kamu sudah tentu sering mendengar istilah shalat tarawih pada momen bulan suci Ramadhan.

Shalat tarawih merupakan rangkaian yang tak terpisahkan bagi umat islam dalam aktifitas ibadah di bulan suci Ramadhan.

Berikut hal hal yang perlu kamu ketahui tentang shalat tarawih.

Shalat tarawih adalah shalat sunah yang dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadan. Salat tarawih umumnya dilakukan sebanyak 11 atau 23 rakaat, dan berbeda-beda berdasarkan riwayat yang dijabarkan oleh para ulama, namun untuk melakukan sholat tarawih, para ulama menyebutkan bahwa hukum melaksanakan shalat tarawih adalah sunnah, dan jumlahnya adalah 20 rakaat dengan setiap dua rakaat satu salam

Shalat tarawih memiliki keutamaan yang berasal dari Al-Qur’an dan As-Sunnah, seperti dalam beberapa hadits yang menyebutkan pahala yang diperoleh oleh orang yang berpuasa dan melaksanakan shalat tarawih dengan iman dan ikhlas.

Shalat tarawih dilakukan setelah shalat Isya dan sebelum shalat Subuh, dan adalah salah satu dari berbagai ibadah yang dikerjakan pada bulan Ramadhan.

Selain itu, shalat tarawih yang dilaksanakan di masjid atau tempat ibadah lainnya memungkinkan umat muslim untuk saling berinteraksi.

Pelaksanaan shalat tarawih menjadi momen untuk membangun ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan rasa persaudaraan di antara umat.

Editor: Mfz