Komunitas Bakti Bangsa Daftar sebagai Lembaga Pemantau Pilkada Kepri 2024

Muhammad Faiz
Komunitas Bakti Bangsa Daftar sebagai Lembaga Pemantau Pilkada Kepri 2024
Komunitas Bakti Bangsa (KBB) Provinsi Kepulauan Riau mendaftarkan diri sebagai Lembaga Pemantau Pemilu untuk Pilkada 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri Senin (30/9/2024). Foto Dok. KBB Kepri

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Komunitas Bakti Bangsa (KBB) Provinsi Kepulauan Riau mendaftarkan diri sebagai Lembaga Pemantau Pemilu untuk Pilkada 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri.

Pendaftaran tersebut dilakukan, Senin (30/09), bertempat di Jalan KM 8 Atas, Jalan Raja Haji Fisabilillah, Tanjungpinang.

Jika biasanya berfokus pada kegiatan pendidikan, KBB kini memperluas peran mereka ke bidang sosial-politik dengan menjadi lembaga pemantau pemilu.

Langkah ini diharapkan dapat membantu KPU dan Bawaslu dalam memastikan pelaksanaan Pilkada berjalan sesuai dengan prinsip Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil).

Ketua KBB Kepri, Budi Prasetyo, menyampaikan para anggota komunitas merupakan mahasiswa yang berasal dari berbagai seluruh kabupaten/kota se-Kepri dan mayoritas berkuliah di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang.

“Kami memiliki sekitar 26 anggota yang akan berperan dalam pemantauan ini, dan semuanya adalah mahasiswa serta alumni UMRAH,” ujarnya.

Ia menjelaskan, KBB akan melakukan pemantauan di lima kabupaten/kota serta satu provinsi, yaitu Kabupaten Lingga, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kota Tanjungpinang, Kota Batam, dan Provinsi Kepulauan Riau.

“Inisiatif ini muncul dari rekan-rekan mahasiswa yang ingin memastikan agar proses Pilkada berjalan sesuai aturan yang berlaku. Jika kami menemukan pelanggaran atau kesalahan dalam proses tersebut, kami siap melaporkannya,” kata Budi.

Sementara itu, Kepala Subbagian Teknis Penyelenggara Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPU Kepri, Hanis Hendriani, menyampaikan apresiasi atas kehadiran dan partisipasi KBB.

“Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi KBB. Ini menunjukkan semangat mereka untuk turut mengawal Pilkada,” tuturnya sambil mengadakan diskusi ringan dengan perwakilan KBB.**

Editor: Ism

 

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *