Bawaslu Natuna Ajak Warga Awasi Aktif Pilkada 2024

Avatar
Bawaslu Natuna Ajak Warga Awasi Aktif Pilkada 2024
Bawaslu Natuna Ajak Warga Awasi Aktif Pilkada 2024. Foto: Diskominfo Natuna.

Lintaskepri.com, Natuna – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Natuna resmi meluncurkan Pengawasan Partisipatif Pilkada 2024 pada Minggu (25/8/2024) di Alun-alun Pantai Piwang.

Acara yang dihadiri ratusan warga ini bertujuan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Sekretaris Daerah Natuna, Boy Wijanarko Varianto, dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam mengawasi Pilkada.

“Suksesnya Pilkada 2024 sangat bergantung pada partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Mari kita bersama-sama memastikan proses pemilihan berjalan dengan aman, lancar, dan demokratis,” ujarnya.

Senada dengan Sekda, perwakilan Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, Rosnawati, juga mengajak masyarakat untuk menjadi pengawas aktif.

“Pengawasan partisipatif adalah kunci untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap hasil Pilkada. Dengan pengawasan yang ketat, kita dapat memastikan bahwa suara rakyat benar-benar terwakili,” tegasnya.

Dalam acara peluncuran ini, masyarakat diberikan pemahaman mengenai pentingnya pengawasan partisipatif, tahapan-tahapan Pilkada, serta jenis-jenis pelanggaran yang perlu diwaspadai.

Selain itu, masyarakat juga diajak untuk melaporkan setiap dugaan pelanggaran yang terjadi selama proses Pilkada.

“Transparansi dan akuntabilitas adalah kunci dalam penyelenggaraan Pilkada yang demokratis. Kita harus memastikan bahwa setiap tahapan, mulai dari kampanye hingga penghitungan suara, dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggungjawabkan,” tambah Rosnawati.

Acara peluncuran ini berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan, seperti senam bersama, hiburan musik, dan sosialisasi kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sekaligus memberikan informasi penting kepada masyarakat tentang Pilkada 2024.(Hrs)

Editor: Brm

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *