6.500 Bibit Cabai Dibagikan Gratis kepada Masyarakat

Galakkan Bertani Mandiri di Tanjungpinang

Muhammad Faiz
6.500 Bibit Cabai Dibagikan Gratis kepada Masyarakat
Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, Robert Lukman. Foto: Lintaskepri/Mfz

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang membagikan 6.500 bibit cabai gratis kepada masyarakat di seluruh wilayah kota.

Selama sebulan ke depan, pembagian ini akan dilakukan merata di seluruh kecamatan dan kelurahan di Tanjungpinang sebagai bagian dari program gerakan menanam cabai.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong masyarakat agar bertani secara mandiri. Sehingga, hasil dari tanaman cabai tersebut bisa dikonsumsi sendiri atau dijual kembali.

Gerakan ini juga secara tidak langsung akan meningkatkan perputaran ekonomi lokal.

“Melalui kelurahan dan kecamatan, bibit cabai yang sudah kami semai ini akan dibagikan ke masyarakat,” ujar Kepala Dinas DP3 Tanjungpinang, Robert Lukman.

Ia juga menjelaskan, sebagian bibit cabai sudah dibagikan secara gratis kepada warga yang hadir dalam setiap kegiatan pasar murah.

“Pagi tadi, kami telah membagikan sebanyak 300 bibit sebagai langkah awal untuk mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya bertani mandiri,” tambahnya.

Menurut Robert, ribuan bibit cabai tersebut berasal dari kebun yang dikelola langsung oleh DP3, dengan melibatkan 260 kelompok tani lokal.

Program ini juga diharapkan tidak hanya memberikan nilai ekonomis bagi para petani, tetapi juga memenuhi kebutuhan pangan mereka sendiri.

“Kami berkolaborasi dengan kelompok tani di darat maupun di laut untuk memberdayakan mereka. Memang lahan terbatas, tetapi petani di sini sangat banyak,” pungkasnya. (Mfz)

Editor: Ism

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *