Tour De Bintan 2016 Sukses, Masyarakat dan Wisman Terhibur

 

Tour De Bintan (TDB)
Peserta Tour De Bintan (TDB) dari 40 negara dan lebih dari 70 tim balap sepeda dan komunitas dari Singapura, Hong Kong, Australia, Malaysia, Indonesia dan seluruh Asia saat melintasi rute tempuh TDB.

Bintan, LintasKepri.com – Event bertaraf Internasional, Tour De Bintan tahun 2016 sukses dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepri bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bintan dan beberapa mitra swasta, yang dimulai dari Jumat (1/4) hingga berakhir pada Minggu (3/4) kemarin.

Tour De Bintan 2016
Deputi Marketing Internasional, Prof. Igde Pitana didampingi Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi, saat memetik tepak sirih tanda membuka Event Tour De Bintan 2016.

Deputi Marketing Internasional, Prof. Igde Pitana didampingi Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi, saat memetik tepak sirih tanda membuka Event Tour De Bintan 2016.Setelah absen satu tahun di tahun 2015 karena kondisi asap, Tour de Bintan kembali pada tahun keenam dengan menghadirkan pengendara sepeda dari 40 negara dan lebih dari 70 tim balap sepeda dan komunitas dari Singapura, Hong Kong, Australia, Malaysia, Indonesia dan seluruh Asia.

Pada tahun ini, Pemkab Bintan menghadirkan Artis Ibukota yakni Siti Badriah untuk menghibur para peserta maupun masyarakat yang hadir pada acara pelepasan peserta Tour De Bintan tahun 2016 ini di Simpang Lagoi.

Kemeriahan tahun ini tampak saat Masyarakat membawa keluarganya untuk meramaikan acara ini. Selain itu juga, Stand-stand promosi produk juga tampak cantik dihias dan ramai pengunjungnya. Ditambah lagi dengan cuaca yang sangat bersahabat sehingga membuat acara pada tahun ini terlihat ramai dan meriah.

Tour De Bintan 2016,
Masyarakat Kabupaten Bintan menyaksikan pelepasan ratusan peserta Tour De Bintan 2016, disimpang Lagoi, Bintan, Jumat (1/4)

Tentu acara ini juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, tidak hanya Tour De Bintan saja, namun ada banyak Event yang akan digelar di Kabupaten Bintan ini yang akan disupport dengan mempromosikannya ke Dunia Internasional, dikarenakan Bintan menjadi salah satu Sport Tourist Destination.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Republik Indonesia yang dalam hal ini diwakili oleh Deputi Marketing Internasional, Prof. Igde Pitana mengatakan, acara ini dihadiri 800 peserta, namun dalam hal ini pasti para atlit akan membawa sanak saudaranya ataupun mekanik dan tim medisnya dalam event ini.

Tour De Bintan 2016
Peserta Tour De Bintan 2016

“Tentu hal ini akan menjadi keuntungan bagi Pemerintah Daerah melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD), jika 800 peserta membawa saudara, tim medis dan mekaniknya maka akan ada 800 dikalikan 5, maka akan semakin banyak Wisman yang akan berkunjung ke Bintan. Apalagi Event ini diikuti 40 Negera, tentu ini akan menjadi promosi internasional di 40 negera tersebut nantinya,” ujar Igde Pitana, saat Conference Pers.

Untuk itu, proyeksi Pemkab Bintan selama 2016 ini harus mendatangkan Wisman sebanyak 500 ribu di tahun ini, tentu hal ini harus disupport dengan Event-event yang seperti ini. Hanya dengan 1.5 Miliar saja, untuk membuat acara ini, Pemkab Bintan akan mendapatkan 45 Miliar baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Deputi Marketing Internasional, Prof. Igde Pitana bersama Bupati Kabupaten Bintan, Apri Sujadi dan Para Polwan berfoto bersama pada pelaksanaan Tour De Bintan 2016″Event Tour De Bintan ini telah tercatat sebagai Event Tahunan Internasional, tentu hal ini harus dipertahankan. Adapun Event lainnya yang akan di gelar pada tahun ini, tentu mempunyai kelebihan masing-masing, seperti Iron Man, Spartam dan lainnya tentu akan menghadirkan Wisman yang banyak dan pelaksanaannya pun sangat profesional dengan adanya sesi Kualifikasi dan pesertanya juga 90% Internasional,” ujar Igde Pitana.

Selain itu, Igde Pitana juga mengatakan sangat bangga terhadap potensi yang dimiliki Kabupaten Bintan yang tentunya sangat dinamis dan secara geografisnya juga dekat dengan negara tetangga seperti Singapura.

Tour De Bintan 2016
Deputi Marketing Internasional, Prof. Igde Pitana bersama Bupati Kabupaten Bintan, Apri Sujadi dan Para Polwan berfoto bersama pada pelaksanaan Tour De Bintan 2016.

Bupati Bintan Apri Sujadi,S.Sos juga sangat berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang mana telah mensupport kegiatan ini dan Panitia serta Instansi terkait yang turut mendukung dalam mensukseskan event Tour De Bintan pada tahun 2016 ini.

“Secara hitungan Matematika, hanya dengan modal pelaksanaan sebesar 1.5 Miliar dampak dari Tour De Bintan ini bisa menghasilkan 45 Miliar baik itu saat kegiatan maupun paska kegaiatan,” ujar Apri Sujadi.
Bintan merupakan kawasan yang sangat cantik pariwisatanya dan menghasilkan PAD terbesar di sektor Pariwisata bagi Pemerintah Daerah, tentu dengan adanya event ini akan mengangkat potensi pariwisata Bintan ke Mancanegara dan tentunya akan menambah PAD nantinya. (Aji Anugraha)