Hukum  

Permohonan SKCK Melonjak Selama Pendaftaran CPNS 2024

Muhammad Faiz
Permohonan SKCK Melonjak Selama Pendaftaran CPNS 2024
Selama masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, permohonan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polresta Tanjungpinang mengalami lonjakan yang signifikan. Foto: Humas Polresta Tanjungpinang

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Selama masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, permohonan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polresta Tanjungpinang mengalami lonjakan yang signifikan.

Peningkatan ini terlihat sejak dimulainya pendaftaran CPNS pada 20 Agustus hingga penutupan yang dijadwalkan pada 6 September 2024.

Kasat Intelkam Polresta Tanjungpinang, Kompol Sudarto, mengungkapkan permohonan SKCK diperkirakan tumbuh dan meningkat pesat, yakni sebesar 150 persen dibandingkan hari biasanya.

“Di hari biasa hanya sekitar 20 hingga 50 permohonan saja. Namun pada saat ini, perharinya bisa mencapai 70 hingga 90 permohonan,” katanya Rabu (4/9/2024).

Tarif pembuatan SKCK tetap sesuai dengan ketentuan, yakni sebesar Rp 30 ribu per pengajuan. Menurut Sudarto, total pendapatan dari pembuatan SKCK selama masa pendaftaran CPNS ini diperkirakan mencapai antara Rp900 ribu hingga Rp 1,5 juta per hari, yang seluruhnya langsung disetorkan ke kas negara.

“Semua sudah tertera berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 76 tahun 2020, tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Bukan Pajak (PNBP),” ujarnya.

Bagi yang tertarik dan ingin mengajukan permohonan pembuatan SKCK bisa melampirkan syarat syarat seperti fotocopy KTP, Kartu Keluarga, Akte Lahir atau Ijazah, dan Kartu BPJS masing masing sebanyak 1 lembar.

Kemudian pas foto ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar, dan pasfoto ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar, semuanya berlatar warna merah.

Proses berlangsung selama 20 menit, dan jika berkas sudah dinyatakan lengkap oleh petugas, maka akan dilanjutkan dengan pengisian blanko pertanyaan dan kartu Tik. (Mfz)

Editor: Ism

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *