Dunia  

Negara Brunei Darussalam Rayakan Idul Fitri, Kamis 11 April 2024

Avatar
Masjid Berkubah Emas Murni, Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin (Dok Brunei Darussalam)

Lintaskperi.com, Tanjungpinang – Brunei Darussalam menetapkan hari raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 11 April 2024. Penetapan tanggal Idul Fitri ini berbeda dengan Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Dilansir dari Borneo Bulletin, Rabu (10/4/2024) penetapan Idul Fitri di Brunei pada 11 April 2024 ini disetujui oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah

Pengumuman ini disiarkan oleh Radio Televisi Brunei ini pada Selasa (9/4) malam waktu setempat.

Adapun salat Id akan dilaksanakan di semua masjid dan surau besar di negara tersebut. Mereka juga akan merayakan hari libur umum selama tiga hari.

Untuk diketahui, Brunei termasuk dalam negara MABIMS. MABIMS adalah singakatan dari Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Keempat negara ini menyepakati penetapan kriteria hilal.

Berbeda dengan Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura menetapkan Idul Fitri jatuh pada 10 April 2024. Ketiga negara ini telah melaksanakan perayaan Idul Fitri 1445 H hari ini.

Berunei Darussalam

Ibu Kota Negara Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan. Brunei Darussalam memiliki bentuk negara yakni kerajaan atau kesultanan.

Terletak di barat laut pantai utara Kalimantan, Brunei Darussalam memiliki luas wilayah 5,765 km2, dengan garis pantai sepanjang 161 km menghadap Laut Cina Selatan dan Teluk Brunei. Dari luas tersebut, posisi ibu kota Bandar Seri Begawan berada di sebelah utara muara sungai Brunei.

Pada tahun 2019, total populasi di Brunei Darussalam tercatat 459.500 orang, terdiri dari 244.500 laki-laki dan 215.000 perempuan. Dalam populasi tersebut, sekitar 80.000 orang tinggal di ibu kota negara Bandar Seri Begawan.

Mata Uang Brunei Darussalam

Unit Mata Uang Resmi adalah ringgit Brunei, namun biasa disebut Dollar Brunei (B$), kurs US$.1 = B$.1,33 (posisi pada tanggal 20 Januari 2021).

Nilai Dollar Brunei sama dengan Nilai Dolar Singapura (Parity Agreement 1 B$ = S$ 1) dengan Kurs B$ 1 = Rp. 10.603,- (per 20 Januari 2021).

Alat pembayaran negara Brunei Darussalam sendiri dikelola oleh Autoriti Monetari Brunei Darussalam (AMBD) yang bertindak sebagai Bank Sentral Brunei Darussalam.

AMBD memiliki hak tunggal untuk mengelola dan mengeluarkan alat pembayaran yang sah dalam bentuk uang kertas dan uang logam.

Untuk uang kertas yang beredar di negara ini terdapat dua jenis, yaitu seri kertas dan seri polimer. Namun, saat ini hanya ada sedikit jumlah uang kertas yang beredar karena AMBD menyimpan uang kertas yang dikembalikan oleh bank dan tidak menerbitkannya lagi.

Sejak tahun 2004, Brunei Darussalam banyak mencetak uang kertas polimer. Secara umum uang kertas jenis ini cenderung lebih higienis, tahan lama, dan tidak mudah dipalsukan.

Suku Bangsa, Bahasa, dan Agama

Suku bangsa atau etnis yang ada di negara Brunei Darussalam terdiri terdiri dari 302.200 orang ras Melayu, 47.200 keturunan China dan 110.100 berlatar belakang suku Kedayan, Tutong, Belait, Bisaya, Dusun dan Murut, serta lainnya (JPKE, 2021).

Bahasa resminya adalah bahasa Melayu, namun bahasa Inggris masih dipergunakan secara luas di kalangan pemerintah, perusahaan dan sekolah.

Sementara untuk agama, warga Brunei beragama Islam 67%, Kristen 10%, Budha 13% dan animisme serta aliran kepercayaan 10%, yang pada umumnya dianut non-Melayu.(*/fry)

Editor : fry

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *