Lintas Kepri

Infromasi

Media Asing Sebut Capres Ini Menang Dan Jadi Presiden RI

Feb 5, 2024
Capres pemilu 2024.(Foto Istimewa)

JAKARTA, Lintaskepri.com – Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2024 menjadi sorotan sejumlah media internasional. Salah satunya adalah Reuters yang merilis artikel soal survei pemilihan nanti.

Dalam artikel Indonesia presidential candidate Prabowo cements lead in the poll” dituliskan calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto menang dalam beberapa survei. Kemenangan itu terjadi setelah debat cawapres beberapa waktu lalu.

Reuters mengutip survei dari Indikator Politik Indonesia pada 23-24 Desember 2023 lalu. Hasilnya pasangan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka memperoleh 46,7%.

“Jajak pendapat yang dilakukan pada tanggal 23-24 Desember di Indikator Politik Indonesia pada hari Selasa menunjukkan bahwa Prabowo, yang mencalonkan diri bersama putra Presiden Joko Widodo yang berusia 36 tahun, Gibran Rakabuming Raka, akan memperoleh 46,7% suara,” tulis media itu.

Dari survei yang sama, Ganjar Pranowo-Mahfud Md berada di urutan kedua dengan 23,5%. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh 21% suara.

“Indikator menempatkan mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai lawan terdekatnya, dengan perolehan 24,5% suara, sementara mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan mendapat dukungan dari 21% responden yang disurvei,” imbuh Reuters.

Jajak pendapat lain yang juga dimuat adalah milik Kompas. Prabowo juga memenangkan perolehan suara dalam survei tersebut dengan 39,3%, sementara Anies 16,7% dan Ganjar 15,3%.

Reuters juga menyoroti soal pencalonan Gibran. Dalam debat, dia membela agenda Jokowi khususnya terkait pembangunan ibu kota Nusantara. “Dalam debat yang disiarkan televisi Gibran membela agenda ekonomi ayahnya, khususnya pembangunan ibu kota baru. Tiga debat lagi diperkirakan akan terjadi sebelum pemilu,” jelas media itu. (Cnbc)

Editor: Mfz

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *