Banner dprd kota

Ketua DPRD Natuna, Andes Putra : Kades itu Ujung Tombak Pemimpin Ditingkat Desa

Tampak Ketua DPRD Natuna, Andes Putra foto bersama Bupati dan Wabup.
Tampak Ketua DPRD Natuna, Andes Putra foto bersama Bupati dan Wabup.

Natuna, LintasKepri.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, Andes Putra, meminta agar para Kepala Desa (Kades) yang baru saja dilantik, dapat menjaga amanah rakyat yang diberikan kepada mereka.

Hal itu disampaikan oleh Andes Putra, ketika menghadiri Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 33 orang Kades se Kabupaten Natuna, oleh Bupati Abdul Hamid Rizal, di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Rabu (22/01/2020) kemarin.

Kata Andes, seorang Kades merupakan pejabat politik, yang dipilih langsung oleh masyarakat ditingkat Desa. Dalam melaksanakan segala kebijakannya, seorang Kades harus bisa berbuat untuk kepentingan masyarakatnya, yang telah mengamanahkan dirinya menjadi seorang pemimpin ditingkat Desa.

Tampak Ketua DPRD Natuna Andes Putra saat memberikan ucapan selamat kepada para Kades yang baru saja dilantik.
Tampak Ketua DPRD Natuna Andes Putra saat memberikan ucapan selamat kepada para Kades yang baru saja dilantik.

“Ingat, kita dipilih oleh masyarakat Desa, jadi harus berbuat maksimal untuk masyarakat, bukan kepentingan pribadi maupun golongan,” ucap Andes kepada sejumlah awak media.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga berharap, supaya para Kades dapat menjalankan program pembangunan Desa, dengan mendahulukan kebutuhan prioritas bagi masyarakat.

“Jangan sampai kita menyalah gunakan kekuasan, dengan membuat program yang tidak berpihak kepada masyarakat,” pintanya.

Wakil Rakyat asal Kecamatan Serasan itu menyebutkan, bahwa Kades merupakan ujung tombak Pemerintah ditingkat Desa. Maju mundurnya sebuah Daerah ditingkat Kecamatan maupun Kabupaten, juga tergantung terhadap kemajuan ditingkat Desa.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum acara pelantikan dimulai.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum acara pelantikan dimulai.

“Barometer kemajuan Daerah Kabupaten Natuna itu, bisa diukur dari majunya setiap Desa yang ada. Kalau banyak Desanya yang maju dan masyarakatnya sejahtera, berarti Daerah tersebut juga bisa dikatakan maju dan sejahtera. Karena masyarakat itu kan pada intinya tinggal di Desa atau Kelurahan, kalau di Natuna kan lebih banyak Desanya,” terang Andes.

Terakhir Andes juga berharap, agar Pemerintah Desa lebih fokus untuk memenuhi infrastruktur dasar disetiap Desanya, demi terwujudnya pemerataan pembangunan di Kabupaten Natuna.

“Pemberdayaan ekonomi masyarakat juga sangat penting. Karena itu yang bisa menaikkan taraf hidup masyarakat kita,” pungkasnya.

Laporan : Erwin Prasetio