Lintas Kepri

Infromasi

Danau Biru Bukit Panglong Terus Menjadi Incaran Traveler Pulau Bintan

Mar 9, 2024
Danau Biru Bukit Panglong (Foto : Lintaskepri.com\Fry.n)

Lintaskepri.com, Bintan – Danau Biru Bukit Panglong di sekitaran Kota Kijang ini merupakan bekas tambang galian granit yang dilakukan secara terus-menerus selama 50 tahun lamanya.

Sehingga galian bekas tambang granit ini menghasilkan kawah yang dalam dan sekian lama diisi oleh air hujan yang menghasilkan hamparan dominasi warna biru cantik dan menyegarkan mata.

Pemerintah Kabupaten Bintan mula nya berencana untuk mengembangkan Danau Biru Bukit Panglong sebagai objek wisata komersil dan mengolahnya sebagai sumber utama air bersih bagi masyarakat setempat.

Namun hingga saat ini, Traveler masih bisa mengunjungi dan menikmati pemandangan indahnya, meski rencana tersebut belum terealisasi.

Warga Bintan mengenal tempat ini sebagai Bukit Panglong. Warga asli Kabupaten Bintan, tentu pernah melihat bahwa kawasan ini dulunya merupakan sebuah bukit yang cukup tinggi di daerahnya.

Bukit tersebut menyimpan sumber daya, berupa batu granit yang melimpah, hingga suatu hari, batuan granit di Bukit Panglong mulai dieksplorasi oleh PT. Bukit Panglong.

Bukit granit di kawasan Kijang tersebut, terus dieksploitasi dengan cara pengerukan hingga di ledakan menggunakan bom dalam kurun waktu yang lama dan bukit tersebut akhirnya berubah menjadi sebuah kawah dengan kedalaman hingga 50 meter.

Kawah tersebut kemudian terisi oleh air, yang berasal dari hujan dan juga sumber air dari tanah.

Baca juga :

Suku Laut Kepri, Antara Wisata Budaya dan Realitas

Alih-alih kotor dan keruh, air yang mengisi lubang bekas galian tambang tersebut lama kelamaan malah nampak jernih dan bersih membiru.

Saat cuaca cerah bahkan airnya akan terlihat berwarna biru. Hal inilah yang membuat daerah Danau Biru Bukit Panglong menjadi incaran eksis di kalangan traveler setempat.

Meski statusnya bukan obyek wisata komersil, dan akses yang terbilang sulit tapi Bukit Panglong dengan telaga biru ini seakan menjadi tempat rekreasi yang mengasyikkan bagi para pecinta pertualangan di wilayah Kabupaten Bintan.

Bagi pengunjung yang datang ke Danau Biru Bukit Panglong ini tidak dipungut biaya plus mendapatkan bonus pemandangan yang keren yang dapat memanjakan mata./(Fry)

Editor : Fry

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *