Wan Siswandi Minta Seluruh OPD Bergandeng Tangan Wujudkan Natuna sebagai KKS

Sekda Natuna Wan Siswandi, saat menyampaikan kata sambutan dalam acara temu ramah Pemda Natuna dengan Tim Verifikasi Lapangan KKS 2019.
Sekda Natuna Wan Siswandi, saat menyampaikan kata sambutan dalam acara temu ramah Pemda Natuna dengan Tim Verifikasi Lapangan KKS 2019.

Natuna, LintasKepri.com – Bupati Natuna, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi, menghadiri acara ramah tamah bersama Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) 2019. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Daerah (Rumah Dinas Bupati Natuna) di Jalan Batu Sisir, Kecamatan Bunguran Timur, pada Rabu (25/09/2019) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Wan Siswandi menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak dan kepada Tim Verifikasi Lapangan KKS 2019, yang telah meluangkan waktu dan tenaganya, untuk memberikan penilaian terhadap sejumlah Kelompok Kerja (Pokja) Desa Sehat yang ada di sejumlah Desa dan Kecamatan yang tersebar di sekitar Pulau Bunguran Besar, Kabupaten Natuna.

Penilaian tersebut dianggap penting, karena tahun ini merupakan tahun pertama bagi Kabupaten Natuna untuk mengikuti ajang KKS 2019 bersama 202 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia, yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Untuk itu Wan Siswandi memohon maklum, jika nantinya ditemukan beberapa kekeliruan dan kekurangan disetiap lokasi fokus (lokus) penilaian yang dilakukan oleh Tim Verifikasi Lapangan KKS 2019 di Natuna.

“Dengan adanya kekurangan tersebut, nantinya akan menjadikan kelebihan bagi Natuna sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran, dalam memenuhi ketentuan standar tatanan wajib KKS,” ujar Wan Siswandi.

Salah seorang anggota dari Tim Verifikasi Lapangan KKS 2019 saat menyampaikan laporannya.
Salah seorang anggota dari Tim Verifikasi Lapangan KKS 2019 saat menyampaikan laporannya.

“Karena hasil itu adalah hak dan milik kita. Jika usaha telah dilakukan, maka penilaian atas keberhasilan akan menyertai dari pada hasil usaha itu sendiri. Begitu halnya penghargaan KKS, bukanlah pujian apalagi menjadi tujuan, tetapi sebuah bentuk karya yang dibuat, bagaimana kita didalam tim bisa memaknai dan menghargai perjalanan prosesnya,” tuturnya Wan Siswandi lagi.

Untuk itu, Mantan Kadishub Natuna itu meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna yang tergabung dalam Forum Kabupaten Sehat (FKS), agar saling bergandeng tangan dan bersinergi. Karena untuk menjadikan Natuna sebagai KKS, masing-masing OPD memiliki peran penting sesuai kewenangan dibidangnya masing-masing. Seperti yang tercantum didalam ketentuan sembilan tatanan wajib KKS.

Sementara itu salah seorang Tim Verifikasi Lapangan KKS 2019 dari Kemengdagri, Doni Mashuri, mengaku bahwa Kabupaten Natuna memiliki banyak keunggulan dan keindahan pada potensi alamnya. Yang mana jika diberikan sentuhan oleh Pemerintah Daerah, nantinya dapat menjadikan Natuna sebagai magnet daya tarik bagi masyarakat diluar Natuna. Oleh karenanya ia berjanji akan kembali lagi ke Kabupaten yang terletak diujung utara NKRI tersebut.

Lebih jauh lagi, ia juga meminta agar Tim FKS di Natuna bisa melengkapi beberapa kekurangan data administrasi yang masih belum sempurna. Hal ini dimungkinkan untuk menjadikan Natuna berpeluang memperoleh pengakuan sebagai KKS, dengan sejumlah sarana dan rasarana serta dan faktor KKS pendukung lainnya, yang sudah terbentuk dan berjalan.

Temu ramah tersebut juga dihadiri oleh Ketua FKS Natuna, Nurhayati Hamid Rizal, serta sejumlah pimpinan OPD yang tergabung didalam FKS Natuna.

Laporan : Erwin Prasetio