disdik kota

Tumbuhkan Bakat Seni Siswa, Disdik Gelar Lomba Marawis Jenjang SMP

ADVETORIAL

dprd kota panjang
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan lomba Marawis jenjang SMP se- Kota Tanjungpinang. Kegiatan yang berlangsung di aula SMPN 4 Tanjungpinang, Kepri, pada Rabu (24/8/2022) ini, dibuka Wali Kota Tanjungpinang, Rahma.

LINTASKEPRI.COM,  Tanjungpinang – Dalam upaya menumbuh-kembangkan minat dan bakat seni siswa berbasis kebudayaan daerah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan lomba Marawis jenjang SMP se- Kota Tanjungpinang.

Kegiatan yang berlangsung di aula SMPN 4 Tanjungpinang, Kepri, pada Rabu (24/8/2022) ini, dibuka secara langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma.

Wali Kota Rahma menyebutkan bahwa kegiatan ini, juga dalam rangka membangun karakter siswa yang berkelanjutan.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan lomba Marawis jenjang SMP se- Kota Tanjungpinang. Kegiatan yang berlangsung di aula SMPN 4 Tanjungpinang, Kepri, pada Rabu (24/8/2022) ini, dibuka Wali Kota Tanjungpinang, Rahma.

”Dari sini, satuan pendidikan memainkan peranan penting untuk membentuk dan memotivasi para generasi penerus bangsa agar mencintai seni yang notabennya menjadi warisan tradisi. Karena seni memainkan peranan penting dalam pembentukan karakter generasi muda kita yang siap menghadapi tantangan global dengan tidak menyampingkan nilai-nilai luhur budaya bangsa,” kata Rahma.

”Pelestarian nilai seni dan budaya kepada generasi penerus menjadi hal yang perlu dan harus dilakukan mulai dari sekarang. Karena, anak-anak usia sekolah itu lebih pandai berkreasi dan membuat inovasi-inovasi ketukan dalam memainkan alat musik marawis,” katanya.

Marawis usia SMP, sebut Rahma, dinilai luar biasa, karena cara mereka mengetuknya saja beda. Maka itu, anak-anak perlu dibimbing supaya penyaluran rasa seni sejalan dengan agama dan juga budaya kita.

Wali Kota juga mengapresiasi kepala dinas pendidikan bersama jajarannya dan kepala sekolah atas terlaksananya lomba marawis ini. Walaupun, tidak dianggarkan dalam APBD, tetapi kegiatan ini bisa terlaksana berkat swadaya dari dinas pendidikan dan sponsornya.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan lomba Marawis jenjang SMP se- Kota Tanjungpinang. Kegiatan yang berlangsung di aula SMPN 4 Tanjungpinang, dibuka Wali Kota Tanjungpinang, Rahma.

“Ini bukti semangat kebersamaan, gotong royong, dan juga rasa kekeluargaan di dunia pendidikan. Alhamdulillah, anak-anak bisa menyalurkan bakatnya dan siap berkompetisi. Semoga kegiatan positif ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati menjelaskan lomba marawis jenjang SMP ini dilaksanakan selama sehari dan diikuti 17 peserta dari satuan pendiidkan SMP negeri dan swasta di kota Tanjungpinang.

Kegiatan ini dilaksanakan, kata Endang dengan tujuan memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik jenjang SMP dapat mangembangkan diri secara optimal.

“Juga mengembangkan ekspresi seni sesuai norma dan karakter peserta didik yang berbasis budaya daerah,” tanggapnya.

Sementara itu, salah satu peserta lomba marawis dari SMPN 5 Tanjungpinang, Ifan Sabana mengaku minat bermain seni musik marawis ini. Karena menurutnya, dirinya dapat berkontribusi membudayakan adat Melayu.

Hal yang sama juga diakui, Ardiansyah, peserta SMPN 5 Tanjungpinang. Ia mengatakan minatnya bermain musik marawis ini sudah dipelajarinya sejak duduk dibangku sekolah dasar.

“Bermain alat musik marawis ini seru. Selain bisa berkreasi, juga dapat mensyiarkan agama Islam,” tutupnya.

Laporan: Redaksi