Tingkatkan Pemahaman Sistem Aplikasi Berbaisi IT, Disdik Tanjungpinang Gelar Pelatihan Dapodik

Peserta saat mengikuti pelatihan data pokok pendidikan (Dapodik) yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Senin (7/11/2022). (foto: disdik tanjungpinang).
Peserta saat mengikuti pelatihan data pokok pendidikan (Dapodik) yang digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Senin (7/11/2022). (foto: disdik tanjungpinang).

LINTASKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang gelar pelatihan data pokok pendidikan (Dapodik) di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Senin (7/11/2022).

Pelatihan Dapodik ini ditjukan agar tenaga pendidik atau tenaga tata usaha sekolah menguasai sistiem aplikasi yang berbasis information technologi (IT)ini (diikuti 150 peserta dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Disdik Tanjungpinang.

Kepala Disdik Kota Tanjungpinang Endang Susilawati mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada operator terkait sistem dapodik, terutama dalam mengoperasikan aplikasi dapodik pada satuan pendidikan di kota Tanjungpinang.

Dapodik ini merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

“Dapodik adalah urat nadi sekolah, dimana di dalamnya semua pendataan peserta didik dan data lainnya, yang berhubungan dengan kebijakan sektor pendidikan seperti bantuan dana BOS, tunjangan guru, bantuan sarana dan prasarana, serta lainnya diambil dari dapodik,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Endang, pelatihan operator ini menjadi penting sebagai upaya meningkatkan kualitas pengelola data dapotik pada masing-masing sekolah.

“Ini komitmen kami untuk mewujudkan merdeka belajar, tidak hanya bagi anak didik dan guru, tetapi juga bagi tenaga operator sekolah,” tambah Endang.

Tak luput, Endang juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak/Ibu nara sumber dan kepada panitia pelaksana pelatihan ini.

”Kepada Bapak/Ibu peserta pelatihan saya mengharapkan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga melalui Pelatihan Operator Dapodik ini akan dapat meningkatkan kapasitas dalam pemanfaatan aplikasi dapodik sebagai basis data yang akurat dan lengkap,” tutupnya.

Untuk diketahui, pPelatihan yang berlangsung selama empat hari, mulai 7 hingga 10 November ini menghadirkan empat narasumber yang berasal dari BPMP Provinsi Kepri, Inspektorat, Bappelitbang, dan Dinas PUPR Kota Tanjungpinang.

Laporan: Redaksi
Editor: Redaksi