Pemprov Kepri Carter Kapal untuk Distribusi Vaksin ke Kabupaten/Kota

Vaksin COVID-19 yang Tiba di Tanjungpinang melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kemarin.

Kepri, LintasKepri.com – Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau, Arif Fadillah, menuturkan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera mencarter kapal untuk pendistribusian vaksin COVID-19 ke Kabupaten/Kota yang ada di Kepri.

“Tanggal 11 ini kita distribusikan. Kita butuh kapal yang memang ada pendingin es agar bisa mengangkut vaksin. Nanti kita cari kapalnya dan kita carter khusus untuk mengangkut vaksin,” ujarnya di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kamis (7/1/2021).

Arif menjelaskan, dalam pendistribusian vaksin tersebut akan dikawal ketat oleh TNI, Polri, dan Satpol PP.

Terkait kapan dilakukan vaksinasi, dia menyatakan saat ini sedang menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Namun, Arif mengaku sudah mengetahui bahwa ada rencana pada 14 Januari nanti akan ada vaksinasi terlebih dahulu untuk gubernur dan Forkopimda.

13 Ribu Vaksin Tiba di Tanjungpinang, Tahap Awal 12.666 Tenaga Kesehatan Bakal Divaksin.

“Kalau sudah dapat izin dari BPOM langsung divaksinasi. Tanggal 14 itu gubernur dan Forkopimda akan divaksinasi terlebih dahulu,” ujar mantan Sekda Karimun ini.

Sebelum divaksin, ia menuturkan setiap orang akan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya.

“Jika dia tidak sehat, tidak akan disuntik. Kalau sehat, ya baru disuntik,” kata Arif.

Hingga saat ini, ia mengungkapkan, sudah sebanyak 36 ribu vaksin telah tiba di Tanjungpinang. Saat ini vaksin tersebut disimpan di ruang instalasi farmasi milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tanjungpinang.

(san)