Nugroho Dwi Karyanto “Mewek” Saat Pamitan dengan Masyarakat Natuna

Nugroho Dwi Karyanto foto bersama para awak media Natuna, yang selama ini menjadi salah satu mitra kerja Polres Natuna.

Nugroho Dwi Karyanto foto bersama para awak media Natuna, yang selama ini menjadi salah satu mitra kerja Polres Natuna.

Natuna, LintasaKepri.com – Berpostur tinggi, berbadan tegap, bermata tajam, ternyata tak membuat Nugroho Dwi Karyanto, mampu untuk menyembunyikan kesediahnnya saat berpisah dengan masyarakat Natuna.

Nugroho merupakan mantan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Natuna yang menjabat sejak November 2017 lalu, berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Nugroho memperlihatkan kesedihannya, pada acara Malam Kenal Pamit, antara dirinya dengan AKBP Ike Krisnadian, S.I.K., M.Si., yang merupakan penggantinya untuk memimpin Polres Natuna. Kegiatan tersebut digelar oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Sabtu (22/02/2020) malam.

Matanya memerah, seakan ingin meneteskan air mata, tatkala pihak panitia memutarkan cuplikan video dirinya ketika melaksanakan tugas diwilayah hukum Polres Natuna.

Nugroho Dwi Karyanto (bertanjak), tampak menggambarkan kesedihannya yang mendalam, ketika menyaksikan video dirinya selama bertugas di Kabupaten Natuna.

Nugroho Dwi Karyanto (bertanjak), tampak memperlihatkan kesedihannya yang mendalam, ketika menyaksikan video dirinya selama bertugas di Kabupaten Natuna.

Tampak sesekali ia mengusap kedua matanya, untuk menutupi kesedihannya berpisah dengan Pemerintah Daerah, Forkopimda dan seluruh elemen Masyarakat Natuna, yang selama ini senantiasa mendukung dan membantunya dalam bertugas menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Dalam video tersebut terlihat sejumlah pejabat mulai dari Bupati Natuna, Ketua DPRD, para pimpinan FKPD, Ketua Ormas, OKP, Organisasi Profesi, Tokoh Adat, Tokoh Agama hingga para Pengusaha, mengucapkan selamat jalan kepada Nugroho, sebagai bentuk dukungan moril terhadap dirinya.

Tidak berlebihan memang, jika banyak pihak yang merasa kehilangan sosok Nugroho Dwi Karyanto. Pasalnya Pria kelahiran Rembang Jawa Tengah itu, memiliki track record yang baik dan selalu dekat dengan masyarakat, selama mengabdi di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah.

“Banyak kenangan yang saya alami selama bertugas di Natuna, baik suka maupun realita yang harus dihadapi. Namun karena tugas negara nan mulia, saya harus tetap menomor satukan tugas ini, demi mengabdi kepada negara,” ucap Nugroho, mengawali sambutannya.

Foto bersama Forkopimda dilingkungan Kabupaten Natuna.

Foto bersama unsur Forkopimda dilingkungan Kabupaten Natuna.

Nugroho mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, atas segala bantuan dan dukungannya selama mengabdi di salah satu daerah perbatasan tersebut. “Mohon maaf jika ada khilaf dan dosa yang telah kami perbuat, baik sengaja maupun tidak sengaja,” kata Nugroho, didampingi Istri tercintanya.

Dipenghujung kata sambutannya, Nugroho juga meminta do’a restu kepada seluruh masyarakat Natuna, agar dirinya selalu diberikan kesehatan, kelancaran dan kesuksusesan dari Tuhan Yang Maha Esa, selama mengemban tugas ditempat yang baru.

“Tiga kata untuk Natuna, Sungguh Luar Biasa,” pungkas Nugroho, mengakhiri kata sambutannya.

Sementara itu Kapolres Natuna yang baru, AKBP Ike Krisnadian, dalam sambutannya meminta dukungan kepada semua pihak, termasuk seluruh masyarakat Natuna, agar dapat menerima dirinya beserta keluarga, untuk menjalankan tugas di daerah ujung utara NKRI tersebut.

“Sebagai warga baru, mohon kiranya kami diterima dengan baik, serta didukung selama memgemban amanah ini. Mohon kami diberi bimbingan dan petunjuk selama bertugas disini,” ungkap Ike Krisnadian.

Dandim 0318/Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos.M.Tr (Han) saat memberikan cinderamata kepada AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K.

Dandim 0318/Natuna Letkol (Czi) Ferry Kriswardana, S.Sos.M.Tr (Han) saat memberikan cinderamata kepada AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K.

Pria asal Salatiga, Jawa Tengah itu berharap kedepan dapat bersinergi dengan baik dengan Pemerintah dan Masyarakat Natuna, serta para unsur Forkopimda yang ada. Ia berjanji untuk bertekad memberikan kontribusi positif, bagi pembangunan di Kabupaten yang berdiri sejak tahun 1999 tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Natuna melalui Asisten II, Tasrif Amran, juga mengucapkan selamat bertugas ditempat yang baru kepada Nugroho Dwi Karyanto, dan selamat datang kepada Ike Krisnadian.

Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Tasrif menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Nugroho Dwi Karyanto, atas segala dedikasi dan sumbangsihnya dalam membantu Pemerintah Daerah untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif, serta mengawal pembangunan di Kabupaten Natuna.

“Dewasa ini pesatnya pembangunan, berdampak pada meningkatnya angka kriminalitas. Untuk itu tanpa adanya peran serta dari pihak Kepolisian, tentu semua program pembangunan di Laut Sakti Rantau Bertuah ini tidak bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama,” ujar Tasrif, dalam sambutan tertulisnya.

Para tamu undangan dan masyarakat Natuna yang hadir, dalam acara Malam Kenal Pamit dengan Kapolres Natuna.

Para tamu undangan dan masyarakat Natuna yang hadir, dalam acara Malam Kenal Pamit dengan Kapolres Natuna.

Tasrif juga meminta kepada Kapolres Natuna yang baru, bahwa sebagai masyarakat melayu yang menjunjung tinggi adat ketimuran, tentunya butuh dukungan keamanan dan perlindungan dari aparat hukum, dalam rangka membangun Kabupaten Natuna kearah yang lebih baik lagi.

Ia menyadari, bahwa untuk menjaga keamanan dan ketentraman, bukanlah semata-mata tugas dari pihak Kepolisian, namun juga tanggungjawab bersama bagi seluruh elemen masyarakat.

Untuk diketahui, bahwa AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K., saat ini telah resmi menjabat sebagai Kapolres Asahan, Polda Sumatera Utara.

Turut hadir dalam kegiatan yang bertemakan “Yang Pergi Meninggalkan Kesan, Yang Datang Membawa Harapan”, para unsur Pimpinan dan Anggota DPRD Natuna, Forkopimda, para pimpinan OPD, Ormas, OKP, LSM, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pengusaha serta para tamu undangan lainnya.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top