Wisata  

Menteri Besar Johor kagum dengan Pulau Penyengat: Bukti Komitmen Pelestarian Sejarah dan Budaya

Menteri Besar Johor kagum dengan Pulau Penyengat: Bukti Komitmen Pelestarian Sejarah dan Budaya
Menteri Besar Johor kagum dengan Pulau Penyengat: Bukti Komitmen Pelestarian Sejarah dan Budaya. Foto: Pemprov Kepri.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Menteri Besar Johor, Yang Amat Berhormat (YAB) Dato’ Onn Hafiz Ghazi, melakukan kunjungan kerja ke Pulau Penyengat, Tanjungpinang, pada hari Jumat (24/5/2024).

Kunjungan ini disambut hangat oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, dan masyarakat setempat.

Setibanya di Pelabuhan Penyengat, Dato’ Onn Hafiz Ghazi langsung dikalungi tanjak oleh Lembaga Adat Melayu Kepri sebagai bentuk penghormatan atas kedatangannya.

Suasana budaya Melayu terasa kental saat pertunjukan silat penyambut tamu besar turut memeriahkan momen tersebut.

Menaiki Gerobak Listrik (Gelis), Dato’ Onn Hafiz Ghazi bersama Gubernur Ansar Ahmad menjelajahi berbagai destinasi bersejarah di Pulau Penyengat.

Destinasi pertama yang dikunjungi adalah Makam Raja Ali Haji dan Engku Putri, di mana Dato’ Onn Hafiz Ghazi turut memanjatkan doa bersama.

Perjalanan kemudian berlanjut ke Makam Raja Haji Fisabilillah. Meskipun gerimis turun, Dato’ Onn tampak antusias mendengarkan penjelasan sejarah yang disampaikan oleh Tokoh Lembaga Adat Melayu Kepri.

Menunggu waktu Ibadah salat Jumat, Dato’ Onn dan Gubernur Ansar pun menyempatkan untuk minum teh tarik yang berada di depan Masjid Raya Sultan Riau Penyengat.

Menteri Besar Johor itu pun tampak menikmati minuman teh tarik hangat dan otak-otak yang disuguhkan.

Kedatangan Menteri Besar Johor itu untuk membangun hubungan bilateral, ekonomi dan pembangunan antara Kepri, Indonesia dengan Johor, Malaysia.

“Kunjungan kami untuk meningkatkan hubungan, bilateral antara Indonesia dengan Johor, Malaysia,” katanya.

Menurut dia, hubungan Indonesia dengan Malaysia sudah cukup baik.

Perlu ada kolaborasi antara keduanya untuk menciptakan semangat ekonomi turism yang positif.

“Khususnya dalam sektor pelancongan. Semoga perjumpaan ini atau lawatan ini akan mengukuhkan semangat itu. InsyaAllah,” tambah dia.

Dalam kunjungan itu, Ia juga mengaku kagum dengan Pulau Penyengat, Pulau Bertuah khas Kepri yang sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat selama kurang dari dua tahun.

Menurutnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad sukses dalam membangun Pulau Penyengat menjadi lebih baik.

“Saye kagum dengan pembangunan dan infrastruktur di pulau ini. Pembangunan sangat baik dan sangat elok. Ini jadi inspirasi juge buat kami di, Johor Malaysia,” kata dia.

Pihaknya juga berencana ingin berkolaborasi dengan Indonesia di sektor Pariwisata antar pulau. Rencana itu, kata dia, akan dibahas lebih dalam bersama gubernur Kepri dalam waktu dekat ini.

“Tentu ini kami akan bahas dengan pak Gubernur,” Kata dia.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyambut baik, kunjungan Menteri Besar Johor.

Ia mengatakan, kunjungan Dato’ Onn Hafiz Ghazi dapat memperkuat hubungan bilateral antara Batam dan Malaysia.

Sehingga, kerja sama yang baik antara kedua belah pihak pun ikut memberikan dampak positif terhadap perkembangan nilai investasi Malaysia, termasuk pariwisata di Kepri.

“Tentu ini baik untuk daerah kita, termasuk pariwisata di Kepri,‚ÄĚkata Gubernur Ansar.

Kunjungan Dato’ Onn Hafiz Ghazi ke Pulau Penyengat diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral antara Johor dan Kepulauan Riau, serta meningkatkan potensi wisata di kedua wilayah.(*)

Editor: Brm