Lintas Kepri

Infromasi

Indonesia-Singapura Kolaborasi Gelar Event Berkelas Dunia

Mar 14, 2024
Indonesia-Singapura Kolaborasi Gelar Event Berkelas DuniaMenparekraf Sandiaga bertemu dengan Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan serta Pejabat Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Grace Fu Hai Yien. Foto: Dok Kemenparekraf.

Lintaskepri.com, Batam – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjajaki potensi kolaborasi dengan Pejabat Menteri Perdagangan Singapura untuk menghadirkan konser-konser musisi kelas dunia dan event berkelas internasional di Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Singapura pada Jumat (8/3/2024), Menparekraf Sandiaga bertemu dengan Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan serta Pejabat Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Grace Fu Hai Yien.

Pertemuan tersebut bertujuan membahas peluang kolaborasi antara kedua negara dalam menyelenggarakan event internasional, terutama konser musik dengan musisi terkemuka.

Pengalaman sukses konser penyanyi Taylor Swift di Singapura yang menghasilkan peningkatan ekonomi lima kali lipat dari pengeluaran penonton menjadi salah satu motivasi bagi kerja sama ini.

Pemerintah Indonesia saat ini tengah menggarap Indonesia Tourism Fund sebagai sumber dana pendamping dan insentif bagi pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Menparekraf Sandiaga menyatakan bahwa pemerintah menawarkan insentif khusus bagi promotor atau event organizer yang membawa atraksi internasional ke Indonesia.

“Insentif tersebut tidak hanya berlaku untuk konser musik, tetapi juga event kebudayaan dan olahraga,” katanya.

Sandiaga juga menegaskan komitmen pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur pendukung, digitalisasi perizinan, peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan pemberantasan praktik pungli untuk meningkatkan daya saing Indonesia dalam menyelenggarakan event internasional.

“Melalui digitalisasi perizinan dan proses satu pintu, promotor dapat mengajukan izin dengan lebih mudah dan biaya yang lebih terjangkau. Hal ini akan mempercepat alur perizinan dan meningkatkan transparansi proses,” ujar Sandiaga.

Meski demikian, Sandiaga menegaskan bahwa musisi Indonesia tidak kalah berkualitas dengan musisi internasional.

Dengan banyaknya festival musik di Indonesia, musisi lokal juga memiliki kesempatan untuk tampil di panggung internasional.

“Kolaborasi antara musisi Indonesia dan internasional, seperti konser Coldplay di Jakarta dan Jonas Brothers di ICE BSD, telah terbukti sukses. Kita perlu terus meningkatkan kompetensi musisi lokal melalui teknologi, digitalisasi, dan strategi pemasaran inovatif melalui platform digital,” tambah Sandiaga.(*/Brm)

Editor: Brm

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *