Disdukcapil Tanjungpinang Terbitkan 16.000 KIA

Kepala Disdukcapil Tanjungpinang, Irianto.

Kepala Disdukcapil Tanjungpinang, Irianto.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sudah menerbitkan sebanyak 16.000 Kartu Identitas Anak (KIA).

“16.000 ribu KIA sudah kita cetak,” kata Kepala Disdukcapil Tanjungpinang, Irianto, Selasa.

Dia menjelaskan, antusias orang tua anak dalam membuat KIA sangat tinggi. Menurutnya pencetakan KIA lebih efektif dilakukan di sekolah-sekolah.

“Mesin cetak KIA satu ditambah lagi kita tidak punya petugas khusus, jadi Disdukcapil Tanjungpinang menjemput bola ke sekolah-sekolah untuk pencetakan KIA. Hal ini dilakukan guna meringankan beban orang tua anak dalam membuat KIA tanpa harus ke Disdukcapil Tanjungpinang,” papar Irianto.

Disdukcapil Tanjungpinang memprioritaskan penerbitan KIA untuk PAUD, TK dan SD dengan total jumlah blanko keseluruhan sebanyak 30.000.

“14.000 blanko lagi tersedia, masih cukup untuk anak yang belum mengantongi KIA. Sebagian besar anak di Tanjungpinang sudah mengantongi KIA,” ungkapnya.

Disamping sebagai bentuk identitas anak, KIA memberikan kemudahan untuk anak dalam pembuatan paspor dan mendapatkan potongan harga 10 persen dibeberapa pusat perbelanjaan, permainan, toko buku, hingga rumah makan.

(dar)

Baca juga :

Top