Pemko Tpi

Dapur Umum ASPEC Berakhir Hari Ini, Doa dari Warga Mengalir

Dapur Umum ASPEC Tanjungpinang di Jalan Ahmad Yani, KM 5 Atas.

Tanjungpinang, LintasKepri.com – Dapur Umum Aksi Sosial Peduli Covid (ASPEC) Tanjungpinang berakhir hari ini, Minggu (25/07) sejak dibuka pada Selasa (13/7) kemarin.

Selama dibuka, Dapur Umum ASPEC Tanjungpinang sudah menyalurkan bantuan sebanyak 12.986 nasi kotak beserta lauk-pauk untuk warga yang melakukan isolasi mandiri (Isoman).

Di hari terakhir ini, nasi kotak yang biasa disalurkan untuk warga Isoman tetap diberikan 2 kali (makan siang dan malam) lengkap dengan vitamin dan handsanitizer.

Dapur umum yang diinisiasi oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang tersebut dibuat untuk masyarakat terdampak Covid-19, terutama menjalani Isoman yang tidak bisa memenuhi kebutuhan makanan.

Ketua ASPEC Tanjungpinang, Isnaini Bayu Wibowo, mengungkapkan, penutupan dapur umum ini merupakan rencana awal yang diundur dimana rencananya ditutup pada 20 Juli 2021.

“Sebenarnya penutupan ini awalnya diundur dari 20 Juli lalu. Kemudian kami majukan 25 Juli 2021. Karena kesepakatan bersama, hari ini adalah hari terakhir,” ujarnya, Minggu.

Bowo menjelaskan, penutupan Dapur Umum ASPEC karena keterbatasan waktu tim dan relawan yang sudah bekerja selama 2 minggu berturut-turut tanpa kenal lelah dari pagi hingga malam.

“Harapan kita dengan adanya dapur umum ini masyarakat yang Isoman segera sembuh,” tuturnya.

Meskipun dapur umum tutup, Bowo berharap kepada para dermawan agar saling bantu membantu terhadap warga yang Isoman karena masih membutuhkan uluran tangan.

Ketua ASPEC Tanjungpinang, Isnaini Bayu Wibowo.

“Kami mengetuk hati semua dermawan yang memiliki kelebihan rezeki agar dapat melihat kiri kanan untuk membantu warga yang sedang Isoman,” ungkapnya.

Secara pribadi, Bowo juga mengucapkan terima kasih untuk relawan yang sudah bekerja tanpa pamrih dalam menyalurkan nasi kotak selama ini.

“Secara pribadi saya berkesan dengan kegiatan ini. Relawan bekerja dengan semangat setiap hari, saling bahu membahu, bahkan sampai malam mengantar nasi ke rumah warga yang Isoman,” jelasnya.

Bowo berpesan untuk warga yang Isoman jangan keluar rumah dahulu demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Agar kita semua terbebas dari COVID,” katanya.

Sementara itu, ucapan terima kasih juga diberikan untuk yang ikut mensukseskan kegiatan amal ini seperti penanggung jawab kegiatan, Kajari Tanjungpinang Joko Yuhono, MUI Provinsi Kepri, MUI Kota Tanjungpinang, NU Tanjungpinang, Banser Tanjungpinang, Dinsos Provinsi Kepri, Dinsos Kota Tanjungpinang, Tagana Kota Tanjungpinang, Komunitas Kedai Kopi (KATIGA), Perpat Tanjungpinang, Mojan Indonesia, PMI Tanjungpinang, IPBT, KB FKPPI Kepri, Persatuan Pemuda Bintan, Waroeng Kopi W&W, Siba Courier & Cargo, Forum Bikers Tempatan, Sahabat Berbagi, Apresiasi Kepri, Karang Taruna Provinsi Kepri, Karang Taruna Kota Tanjungpinang, IWO Tanjungpinang dan PWI Tanjungpinang-Bintan serta para donatur lainnya.

Salah satu warga yang menerima bantuan makanan dari ASPEC Tanjungpinang, Syafri Yanto, bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya dapur umum itu.

“Makanannya bersih dan rasanya sedap. Kami sekeluarga sangat terbantu sekali apalagi disaat sulit seperti ini karena PPKM penghasilan tidak ada,” tuturnya.

Yanto juga menyebut diberi multivitamin selain nasi kotak dari ASPEC.

“Salut buat relawannya. Beberapa kali juga ada susu. Terima kasih ASPEC,” tuturnya.

Yanto juga mendoakan orang-orang yang terlibat dalam kegiatan amal tersebut.

“Pasti Allah SWT membalas budi jasa mereka yang sudah baik ke orang banyak. Sedekah itulah yang akan jadi awan pelindung kepala kita kelak di Padang Mahsyar nanti saat hari hisab amal ibadah seluruh umat manusia. Pasti Allah SWT balas budi jasa mereka,” ucapnya.

(dar)