Bupati Natuna Buka Rapat Koordinasi Pembinaan Pemerintahan Desa

Bupati Natuna Buka Rapat Koordinasi Pembinaan Pemerintahan Desa
Bupati Natuna, Wan Siswandi, membuka rakor secara resmi, di Aula Hotel Natuna, Selasa (2/7/2024). Foto: Diskominfo Natuna

Lintaskepri.com, Natuna – Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan efektivitas pemerintahan desa, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pembinaan Pemerintahan Desa.

Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna, Wan Siswandi, di Aula Hotel Natuna, Selasa (2/7/2024).

Dalam sambutannya, Wan Siswandi menekankan pentingnya rakor ini bagi aparat desa. Menurutnya, pemerintah desa saat ini dituntut untuk mampu mengelola anggaran yang signifikan.

Sehingga, pemahaman regulasi yang baik oleh kepala desa, perangkat desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sangat diperlukan untuk pelaksanaan pembangunan yang efektif.

Bupati Natuna Wan Siswandi bersama Kepala DInas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Foto: Diskominfo Natuna

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi aparatur desa. Desa harus mampu mengelola anggaran yang cukup besar, sehingga kepala desa, perangkat desa, dan BPD harus memahami regulasi yang berlaku dalam pelaksanaan pembangunan,” ujar Wan Siswandi.

Rakor yang diikuti oleh 157 peserta, termasuk Kepala Desa, Ketua BPD, dan Camat se-Kabupaten Natuna ini mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Camat, Kepala Desa, dan BPD dalam Rangka Penyelenggaraan Pemerintahan Desa”.

Acara ini juga menghadirkan sejumlah narasumber, seperti Inspektorat Kabupaten Natuna, BPKPD Kabupaten Natuna, TPPS Kabupaten, Dinas PMD Kabupaten Natuna, TAPM Kabupaten Natuna, serta Kejaksaan Negeri Natuna.

Dengan materi yang disampaikan oleh narasumber-narasumber tersebut, diharapkan para peserta dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan tugas dengan baik.

Rapat koordinasi diikuti para aparat desa se-Kabupaten Natuna. Foto: Diskominfo Natuna

“Saya berharap semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik agar kita terhindar dari masalah dan dapat menjalankan tugas dengan selamat,” pungkas Wan Siswandi.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas Kominfo, dan sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna. (Hrs)

Editor: Ism