Jaringan Listrik di Kawasan Pesisir Batam dan Bintan Resmi Beroperasi

Avatar
Jaringan Listrik di Kawasan Pesisir Batam dan Bintan Resmi Beroperasi
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, meresmikan pengoperasian jaringan listrik yang menghubungkan sejumlah pulau di kawasan pesisir Kota Batam dan Kabupaten Bintan. Foto: Diskominfo Kepri.

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, meresmikan pengoperasian jaringan listrik yang menghubungkan sejumlah pulau di kawasan pesisir Kota Batam dan Kabupaten Bintan.

Peresmian ini dilakukan di Pulau Galang, Kota Batam, pada Kamis (19/09/2024). Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan akses listrik dan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.

Salah satu infrastruktur utama yang diresmikan adalah Tower Crossing berdaya 20 KV yang menghubungkan Pulau Galang Baru, Batam, dengan Pulau Nguan.

Jaringan ini terdiri dari Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 1,72 km, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,06 km, serta Gardu Distribusi berkapasitas 160 kVA. Jaringan ini akan melayani 185 pelanggan baru.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Ansar juga meresmikan Tower Crossing 20 kV dari Pulau Malin Besar (Desa Kelong) ke Pulau Buton (Desa Air Glubi) di Bintan.

Peningkatan kapasitas listrik di pulau-pulau ini memungkinkan penerangan yang sebelumnya hanya 14 jam per hari, kini menjadi 24 jam penuh.

Selain itu, Gubernur juga meresmikan saluran kabel laut tegangan menengah 20 kV (SKLTM) yang mengalirkan daya dari Singkep ke Selayar sepanjang 1,624 km, serta dari Selayar ke Lingga sepanjang 4,665 km. Hal ini akan memperkuat keandalan sistem listrik di kawasan Daik-Dabo.

Gubernur Ansar menyampaikan apresiasi atas kerja sama PT PLN (Persero) dan PT PLN Batam dalam program Kepri Terang, yang berhasil meningkatkan rasio elektrifikasi Provinsi Kepulauan Riau menjadi 97,99% pada tahun 2023.

“Dengan program ini, kita harapkan kesejahteraan masyarakat akan meningkat, terutama di wilayah-wilayah yang sebelumnya minim akses listrik,” kata Ansar.

Selain peresmian infrastruktur kelistrikan, Gubernur juga menyerahkan Bantuan Pemasangan Baru Listrik (BPBL) kepada 1.230 rumah tangga di Kota Batam. Total penerima manfaat BPBL di seluruh Provinsi Kepulauan Riau mencapai 12.000 rumah tangga.

Program ini mencakup pembangunan Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah (SKLTM) dari Batam ke Pulau Buluh, serta penyerahan aset Pemprov Kepri kepada PT PLN (Persero) di Pulau Karas.

Pembangunan PLTS Komunal di Pulau Panjang, Pulau Akar, dan Pulau Geranting juga diresmikan pada kesempatan yang sama.(*)

Editor: Brm

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *