Bupati Natuna Serahkan Mobil Ambulans ke Puskesmas Sedanau

Pemkab Natuna Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Muhammad Faiz
Bupati Natuna Serahkan Mobil Ambulans ke Puskesmas Sedanau
Bupati Natuna Wan Siswandi menyerahkan satu unit mobil ambulan kepada Puskesmas Sedanau, Rabu (28/8/2024). Foto: Lintaskepri/Hrs

Lintaskepri.com, Natuna – Bupati Natuna, Wan Siswandi, menyerahkan secara langsung satu unit mobil ambulans kepada Puskesmas Sedanau, Rabu (28/8/2024).

Penyerahan ini menjadi bagian dari komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Natuna.

Acara penyerahan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan kerja Bupati Natuna yang didampingi oleh Ketua TP PKK Natuna, Septi Dwiani Siswandi, serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Natuna.

Mobil ambulans tersebut diharapkan dapat memperkuat pelayanan kesehatan, khususnya dalam merespons kebutuhan darurat masyarakat.

Wan Siswandi menegaskan, Pemerintah Daerah berupaya keras untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan nyaman bagi masyarakat, termasuk dalam hal rujukan pasien ke rumah sakit di Batam.

“Saya hanya ingin masyarakat yang sakit mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan nyaman. Kami juga ingin meringankan beban masyarakat jika ada pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit di Batam,” ujar Wan Siswandi.

Bupati juga mengungkapkan bahwa Pemkab Natuna akan menyerahkan total 8 unit mobil ambulans yang terdiri dari 7 unit untuk kecamatan-kecamatan di Natuna dan 1 unit yang telah diserahkan untuk rumah singgah pasien beberapa waktu lalu.

Dari total 8 unit tersebut, 2 unit berasal dari APBD, sementara 6 unit lainnya merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hasil usulan Pemda Natuna pada tahun 2023.

“Dengan anggaran yang terbatas, saya bersama Wakil Bupati berinisiatif memohon bantuan ke Kementerian terkait, agar pelayanan kesehatan bisa merata di setiap kecamatan,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah, menjelaskan dua unit mobil ambulans dari APBD Natuna 2024 akan diberikan kepada Puskesmas Pulau Tiga Barat dan rumah singgah pasien di Batam.

Sementara itu, enam unit mobil dari Kemenkes akan dialokasikan untuk Puskesmas Sedanau, Puskesmas Bunguran Tengah, dan Puskesmas Kelarik. Namun, atas kebijakan Bupati, distribusi ambulans akan diubah.

“Pak Bupati meminta agar setiap puskesmas mendapatkan satu unit, sementara tiga unit lainnya akan dipinjamkan untuk Puskesmas Midai, Suak Midai, dan Subi sampai usulan dari Kemenkes terealisasi untuk semua Puskesmas di Natuna,” terang Hikmat.

Bupati Wan Siswandi berharap kebijakan ini dapat memastikan pemerataan pelayanan kesehatan di seluruh kecamatan, sehingga masyarakat di daerah-daerah terpencil juga dapat merasakan manfaat dari program kesehatan yang diinisiasi pemerintah. (Hrs)

Editor: Ism

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *