Pemko Tpi

Ziarah Makam Raja dan Sultan Lis-Syahrul Naik Becak

Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH beserta Wawako H Syahrul serta Ketua DPRD Suparno menutup Makam dengan kain Kuning
Walikota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH beserta Wawako H Syahrul serta Ketua DPRD Suparno menutup Makam dengan kain Kuning

Tanjungpinang, LintasKepri.com –Menyambut hari jadi Kota Tanjungpinang ke 232 yang jatuh pada, Rabu (06/01) Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, Ziarah ke Makam Raja-raja dan Sultan para pendiri, pejuang di bumi segantang lada, Selasa (05/01).
Kegiatan Ziarah Makam ini, dimulai dari makam Sultan Sulaiman di Kilo Meter (Km). 6, Kampung Melayu, makam Sultan Ibrahim, makam Daeng Marewa, makam Daeng Celak, yang berada di Hulu Sungai Carang.
Kemudian dilanjutkan ziarah ke makam Raja Haji Fisabillilah, Engku Putri Raja Hamidah, Raja Ali Haji di Pulau Penyengat, Indrasakti,
Ziarah ke makam-makam tersebut, berlangsung khidmat, ditandai dengan penaburan bunga rampai, siraman air serta pemasangan kain kuning penutup nisan, oleh Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Wakil Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd serta Ketua DPRD kota Tanjungpinang, Suparno termasuk, Ketua LAM, Drs. Wan Rumadi.
Kegiatan ziarah makam tersebut, dihadiri Kapolres Tanjungpinang AKBP Kristian P Siagian, S.IK, M.Si, unsur Pimpinan FKPD, jajaran Kepala SKPD, Camat, serta Lurah.
Dalam ziarah makam itu, dilakukan terlebih dahulu pembacaan tahlil/doa, selanjutnya dibacakan riwayat singkat Raja dan Sultan, pembacaan sejarah singkat itu, dibacakan oleh Raja Al-hafiz, Kepala Kemenang Kota Tanjungpinang.
Dengan menggunakan becak motor (kendaraan khas pulau penyengat), Lis-Syahrul, beserta rombongan FKPD, SKPD, dan LAM, mengunjungi satu-persatu makam para pejuang bahari tanjungpinang.
Usai mengunjungi makam, Lis-Syahrul melaksanakan Sholat Zuhur berjamaah, di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat, kemudian di lanjutkan dengan makan siang bersama.
Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, mengatakan, kegiatan Ziarah makam ini, sudah sejak lama kita lakukan, yaitu sejak berdirinya kota Tanjungpinang,” Ini dalam rangka peringatan hari jadi ke 232 kota tanjungpinang, ziarah ke makam Raja dan Sultan yang kita lakukan ini, karena mereka merupakan bagian dari sejarah di tanjungpinang, dan jasa-jasa mereka harus kita kenang dan hargai ” Ujar Lis, saat diwawancarai beberapa insan pers.
Kedepan, kata Lis, kita akan melibatkan sekolah-sekolah, supaya anak didik kita benar-benar memahami historis sejarah yang ada di kota tanjungpinang, ” Saya mau peserta didik, memahami tentang sejarah kita, jadi mereka tidak lupa akan sejarah yang pernah terjadi di kota Tanjungpinang,” Harapnya
Puncak Peringatan Hari Jadi Ke-232 Tanjungpinang, akan di gelar besok 6 Januari 2016, di Lapangan Pamedan A. Yani, Tanjungpinang, acara dikemas dengan rangkaian acara hiburan.(Hum/Red)