Yohanis Apresiasi Pembangunan Puskesmas di Pulau Tiga

Ketua Komisi II DPRD Natuna, Yohanis, saat berkunjung ke Pulau Tiga, beberapa waktu lalu.
Ketua Komisi II DPRD Natuna, Yohanis, saat berkunjung ke Pulau Tiga, beberapa waktu lalu.

Natuna, LintasKepri.com – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna, Yohanis, A.Md, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Dalam lawatannya ke Kecamatan yang terdiri dari 6 Desa tersebut, Yohanis melaksanakan berbagai agenda penting.

Diantaranya menghadiri acara Sosialisasi lokasi Pembangunan UPTD Puskesmas Pulau Tiga, yang rencananya akan dibangun tahun ini.

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Camat Pulau Tiga, Abdul Karim tersebut, digelar di Ruang Rapat Kantor Camat Pulau Tiga (Nyiet-nyiet), pada Kamis (21/02/2019) kemarin.

Tampak Yohanis saat menghadiri Sosialisasi Lokasi Pembangunan Puskesmas di Pulau Tiga.
Tampak Yohanis saat menghadiri Sosialisasi Lokasi Pembangunan Puskesmas di Pulau Tiga.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengaku, sangat mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, untuk membangun Gedung UPTD Puskesmas di Pulau Tiga.

Pasalnya kata dia, Puskesmas ini sudah diimpikan oleh masyarakat setempat, sejak belasan tahun silam.

“Fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, sudah sangat lama dinantikan oleh masyarakat. Karena sudah belasan tahun di Pulau Tiga belum dibangun Puskesmas, untuk melayani kesehatan bagi masyarakat setempat,” ujar Yohanis, saat dihubungi media ini Ahad (24/02/2019) petang.

Dengan dibangunnya Gedung UPTD Puskesmas beserta fasilitas pendukungnya, diyakini akan mampu memperpendek rentan kendali masyarakat di Pulau Tiga, terutama dibidang kesehatan.

Suasana Sosialisasi Lokasi Pembangunan Puskesmas.
Suasana Sosialisasi Lokasi Pembangunan Puskesmas.

“Inilah saatnya masyarakat Pulau Tiga dapat menikmati fasilitas kesehatan yang memadai. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi menyeberang Pulau untuk berobat. Sehingga dapat menghemat biaya pengobatan,” ujar Wakil Rakyat yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) II tersebut.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Sabang Mawang Barat itu menambahkan, bahwa sebelumnya masyarakat Pulau Tiga harus berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), yang berada di Ranai, sebagai Ibukota Kabupaten Natuna. Selain memerlukan waktu yang cukup lama, juga membutuhkan biaya yang cukup mahal.

“Ada juga yang hanya berobat di Postu yang ada di masing-masing Desa, namun fasilitasnya kurang memadai,” katanya.

Sementara itu Camat Pulau Tiga, Abdul Karim menjelaskan, bahwa Gedung UPTD Puskesmas Pulau Tiga tersebut, nantinya akan dibangun di daerah Batu Bulat, Desa Tanjung Batang.

Para Kades, BPD, Ketua RT, RW dan Masyarakat Pulau Tiga yang hadir.
Para Kades, BPD, Ketua RT, RW dan Masyarakat Pulau Tiga yang hadir.

Ia pun mengaku sangat bersyukur, lantaran Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna tahun ini telah memprioritaskan pembangunan sarana kesehatan, di Kecamatan yang dipimpinnya saat ini.

“Dengan dibangunnya Puskesmas di Kecamatan Pulau Tiga nanti, tentu sangat membantu dalam pelayanan pengobatan kesehatan bagi masyarakat setempat. Sebab Puskesmas itu nanti akan dilengkapi dengan tenaga medis yang profesional dibidangnya, ruang inap serta alat-alat kesehatan lain yang sudah memadai,” terang Abdul Karim, seperti dikutip dari harian metropolitan.

Abdul Karim menjelaskan, bahwa secara geografis lokasi Puskesmas di daerah Desa Tanjung Batang, sangat mudah diakses bagi semua Desa yang ada diwilayah Kecamatan Pulau Tiga.

“Kenapa dibangun di Desa Tanjung Batang, karena Desa tersebut berada ditengah-tengah wilayah Kecamatan Pulau Tiga,” pungkasnya. (Red)