Warga Sepempang Antusias Sambut Festival Pulau Senua 2019 di Natuna

Tampak panitia dan masyarakat Sepempang saat membersihkan area Objek Wisata Pulau Senua.

Tampak panitia dan masyarakat Sepempang saat membersihkan area Objek Wisata Pulau Senua.

Natuna, LintasKepri.com – Warga Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sangat mendukung dan menyambut baik pelaksanaan Festival Pulau Senua, yang akan dilaksanakan pada Minggu 16 Juni 2019 nanti.

Dukungan tersebut, dibuktikan oleh sekelompok warga Desa Sepempang, bersama sejumlah Anggota TNI AD, untuk bergotong-royong membersihkan sekitar area yang akan dijadikan sebagai pusat berlangsungnya Festival Pulau Senua.

Ketua Panitia Festival Pulau Senua, Suprianto, menyebutkan, bahwa pihaknya bersama warga, telah mempersiapkan segala bentuk sarana pendukung, demi suksesnya Event akbar rutin tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna tersebut.

“Alhamdulillah temen-temen panitia dan berbagai pihak, khususnya masyarakat Sepempang, sangat antusias untuk menyambut Festival Pulau Senua. Gotong royong ini sudah mulai kita lakukan sejak sebelum Puasa kemarin. Dan menjelang hari H, kita juga rutin melakukan gotong-royong, agar pelaksanaannya nanti sukses sesuai harapan kita bersama,” ungkap Suprianto, Kamis (13/06/2019) siang.

Tampak warga Sepempang sedang sibuk mempersiapkan segala perlengkapan untuk melakukan gotong-royong membersihkan Objek Wisata Pulau Senua.

Tampak warga Sepempang sedang sibuk mempersiapkan segala perlengkapan untuk melakukan gotong-royong membersihkan Objek Wisata Pulau Senua.

Suprianto menjelaskan, bahwa pihak penyelenggara, khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Natuna, sangat mensuport kegiatan gotong-royong yang dilakukan oleh pihak panitia dan masyarakat Desa Sepempang.

“Kami berterimakasih atas dukungan dari Dinas Pariwisata Natuna. Selama pelaksanaan gotong-royong, mereka selalu mensuport kebutuhan dalam kegiatan ini, seperti konsumsi, transportasi dan sarana pendukung lainnya,” terang Suprianto.

Secara administratif, Pulau Senua memang masuk dalam wilayah Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna. Oleh karenanya, masyarakat setempat sangat menyambut gembira adanya kegiatan yang masuk dalam Calender Of Event (COE) tersebut. Kegembiraan tersebut ditunjukkan oleh masyarakat dengan melakukan pembersihan disekitar Objek Wisata Pulau Senua, hingga menyiapkan lahan parkir disekitar Pelabuhan sebagai pintu masuk Pulau Senua, yang berada di Dusun Teluk Baruk, Desa Sepempang.

“Festival Pulau Senua adalah salah satu event yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Natuna, khususnya warga Desa Sepempang, sebagai tuan rumah. Karena ini dapat menjadi ajang promosi bagi Desa Sepempang, dan dapat mendongkrak sektor perekonomian masyarakat setempat,” ujarnya lagi.

Tampak salah seorang anggota TNI AD bersama warga, saat membersihkan lokasi yang akan dijadikan tempat berlangsungnya Festival Pulau Senua 2019.

Tampak salah seorang anggota TNI AD bersama warga, saat membersihkan lokasi yang akan dijadikan tempat berlangsungnya Festival Pulau Senua 2019.

Antusiasme dan dukungan masyarakat Sepempang atas terlaksananya Festival Pulau Senua tersebut, mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Boeralimar. Menurutnya, semangat kebersamaan masyarakat Sepempang, patut diacungi jempol. Pasalnya, dengan partisipasi aktif yang ditunjukkan oleh masyarakat setempat, dapat meringankan beban Panitia dan Pemerintah, untuk mensukseskan event akbar tersebut.

“Luar biasa, salut,” ujar Boeralimar, melalui WhatsApp Group GenPI Natuna, saat mengomentari salah satu postingan foto kegiatan gotong-royong pembersihan lokasi wisata Pulau Senua.

Festival yang pertama kali diperkenalkan oleh Karang Taruna Desa Sepempang, pada tahun 2015 lalu tersebut, digelar oleh Dinas Pariwisata Natuna dan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, serta didukung oleh Kementerian Pariwisata RI.

Festival ini, rencananya akan mempertunjukkan berbagai permainan dan perlombaan, serta budaya asli melayu Natuna. Mulai dari lomba balap renang, balap kulek atau sampan, panjat pinang, lomba baca syair, menari dan lain sebagainya. Serta juga diisi dengan berbagai hiburan menarik lainnya.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top