Wan Siswandi Minta Masyarakat Natuna Tetap Patuhi Himbauan Pemerintah

 

Sekda Natuna, Wan Siswandi (kiri), usai memberikan keterangan kepada awak media.

Natuna, LintasKepri.com – Meski Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) masih berstatus sebagai Zona Hijau atau terbebas dari paparan Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19), namun Pemerintah Daerah setempat menekankan agar masyarakat tetap mematuhi himbauan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, tentang pencegahan virus corona.

Demikian disampaikan oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi. Ia tidak ingin masyarakat di daerah ujung utara NKRI tersebut lengah atas kondisi yang ada saat ini.

“Jangan berfikir kita masih zona hijau, lalu kita menyepelekan himbauan dari Pemerintah,” ujar Sis, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, merupakan salah satu upaya untuk menghindari Covid-19.

Pasalnya kata dia, melakukan langkah antisipasi bagi menangkal masuknya Covid-19 jauh lebih baik, ketimbang menyesal dikemudian hari.

“Memang kita harus bersyukur, ya, karena virus tersebut belum masuk ke daerah kita. Namun jangan pula nanti kita abaikan setiap anjuran dari Pemerintah. Yang pasti Pemerintah mengeluarkan himbauan, pasti ingin daerah dan masyarakatnya aman,” papar Sis.

Anjuran yang dimaksud, lanjut Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Natuna itu, yaitu dengan senantiasa menjaga pola hidup bersih dan sehat, hindari kerumunan orang, menjaga jarak fisik, perbanyak aktifitas dirumah serta selalu mengenakan masker ditempat umum.

Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), saat memberikan bantuan masker kepada masyarakat.

“Rajin-rajin lah mencuci tangan sehabis beraktifitas, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayur, lalu minum vitamin untuk kekebalan daya tubuh kita. Dan juga jangan lupa untuk selalu berdo’a kepada Tuhan, agar wabah ini segera berlalu,” harap pria kelahiran Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur itu.

Untuk diketahui, Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna memang sangat serius untuk memerangi penyebaran Covid-19. Berbagai upaya dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus asal China tersebut. Salah satunya dengan dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Bupati Natuna Nomor:552/Dishub/108 tertanggal 8 Mei 2020, tentang pembatasan arus transportasi laut dan udara yang membawa penumpang umum dari dan ke Natuna.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga terus memberikan perhatian bagi warganya yang terdampak Covid-19, dengan disalurkannya sejumlah bantuan baik pangan, uang maupun masker sebagai alat pelindung diri untuk menghindari virus corona.

Laporan : Erwin Prasetio