'

Wan Siswandi Harap Pramuka Natuna Mampu Cetak SDM Unggulan

Ketua Kwarcab Pramuka Natuna, Wan Siswandi, berfoto bersama para peserta Kemah Bakti, usai pelaksanaan upacara penyalaan api unggun.

Ketua Kwarcab Pramuka Natuna, Wan Siswandi, berfoto bersama para peserta Kemah Bakti, usai pelaksanaan upacara penyalaan api unggun.

Natuna, LintasKepri.com – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, melaksakan peninjauan sekaligus pembukaan Kemah Bakti Nusantara, yang digelar oleh Bakti Nusantara di Kampung Segeram, Kelurahan Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, pada Selasa (24/09/2019) malam.

Kemah Bakti Nusantara yang digelar selama 3 hari, yaitu dari tanggal 23-25 September 2019 itu, diikuti oleh para anggota Kwartir Ranting (Kwaran) Pramuka yang ada di Kecamatan Bunguran Barat, Bunguran Utara dan Bunguran Batubi, serta sejumlah relawan dari Bakti Nusantara dan anggota dari organisasi Melayu Raya Kabupaten Natuna.

Wan Siswandi tampak saat meninjau lokasi pelaksanaan Kemah Bakti di Kampung Segeram.

Wan Siswandi tampak saat meninjau lokasi pelaksanaan Kemah Bakti di Kampung Segeram.

“Kebetulan saya selaku Ketua Kwarcab Pramuka Natuna, diminta untuk membuka Kemah Bakti yang digelar oleh teman-teman relawan Bakti Nusantara. Sekalian saya ingin meninjau pelaksanaan kegiatannya seperti apa, apakah ada kendala atau kekurangannya. Namun Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti,” ucap Wan Siswandi, didampingi oleh Bagian Humas dan Publikasi Kwarcab Pramuka Natuna, Kiki Firdaus.

Wan Siswandi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna itu menjelaskan, ada sekitar 30 anggota Pramuka dari 3 Kecamatan di Natuna, yang dilibatkan dalam kegiatan perkemahan tersebut.

Ia menuturkan, bahwa Kampung Segeram dipilih sebagai lokasi perkemahan tahun ini, berdasarkan kesepakatan antara Kwarcab Pramuka Natuna dengan Bakti Nusantara, yang menjadi penyelenggara utama kegiatan. Kata dia, Kampung yang berpenduduk sebanyak 29 kepala keluarga itu, masuk dalam kriteria wilayah Tertinggal, Terisolir dan Terdepan (3T), yang menjadi daerah sasaran utama pada kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh relawan Bakti Nusantara di Kabupaten Natuna.

Upacara penurunan Bendera, pada pelaksanaan Kemah Bakti di Segeram.

Upacara penurunan Bendera, pada pelaksanaan Kemah Bakti di Segeram.

“Alasan lainnya, kami ingin Segeram ini dapat mengembalikan kedigdayaannya. Karena menurut sejarah, Segeram ini merupakan cikal bakal terbentuknya Kabupaten Natuna. Dulu di Segeram inilah pertama kali wilayah yang dihuni manusia, yang sekarang menjadi masyarakat Natuna,” kata Wan Siswandi menceritakan.

Melalui kegiatan perkemahan tersebut, dirinya sebagai Nahkoda Kwarcab Pramuka Natuna, ingin memberikan pelatihan dan pembinaan bagi setiap anggotanya, tentang pentingnya belajar hidup mandiri dengan berbagai persoalan yang mereka hadapi.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna itu berharap, Pramuka yang dipimpinnya mampu menciptakan Sumberdaya Manusia (SDM) unggulan, yang nantinya menjadi penerus dalam mengelola dan membangun daerah ini kedepan. Hal ini sesuai tema pada Peringatan HUT RI ke 74, yaitu SDM Unggul, Indonesia Maju.

Wan Siswandi saat memberikan arahan dan suport kepada para peserta Kemah Bakti.

Wan Siswandi saat memberikan arahan dan suport kepada para peserta Kemah Bakti.

“Pramuka adalah organisasi yang tepat untuk membina para generasi penerus bangsa. Kita ingin Pramuka kita dapat menciptakan SDM yang unggul, yang nantinya mampu membawa kemajuan bagi daerah ini,” ujar Wan Siswandi.

Ia bertekad setelah kegiatan perkemahan tersebut selesai, kedepan akan terus melaksanakan berbagai kegiatan positif, yang dapat menggembleng para anggotanya untuk terus berkarya dalam rangka mendukung kemajuan dan pembangunan Daerah Natuna kearah yang lebih baik lagi.

Rencananya kegiatan Kemah Bakti Nusantara tersebut, akan ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti, pada Rabu (25/09/2019) besok.

Wan Siswandi saat memimpin upacara penyalaan api unggun.

Wan Siswandi saat memimpin upacara penyalaan api unggun.

Usai memberikan arahan bagi para peserta Kemah Bakti, Wan Siswandi juga berkesempatan untuk menyalakan api unggun, sebagai puncak pelaksanaan perkemahan di Kampung Segeram.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

    Top