Walikota Tanjungpinang Resmikan Puskesmas Batu 10

Pemko Tpi
Walikota Tanjungpinang saat berfoto bersama.
Walikota Tanjungpinang saat berfoto bersama.

Tanjungpinang, LintasKepri.com Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah meresmikan gedung operasional Puskesmas batu 10, Kamis, (28/1) dijalan Adi Sucipto Kilometer 10 Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Lis mengatakan, hal terpenting dengan adanya gedung baru berlantai 3 ini adalah bagaimana masyarakat merasakan antara fisik dan pelayanan agar seimbang.

“Sebagus apapun pelayanan kesehatan jika tidak disertai dengan pelayanan yang begitu bagus, maka tidak akan dinilai bagus oleh masyarakat”, ucap Lis.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan bahwa Puskesmas ini tidak hanya sebagai tempat pelayanan medis saja tetapi juga pusat pembangunan kesehatan dan pusat pemberdayaan masyarakat.

Puskesmas yang mulai beroperasi sejak tanggal 25 Januari 2016 ini, juga menetapkan beberapa aturan seperti pengguna BPJS yang menderita gangguan kesehatan tidak langsung ke rumah sakit tanpa melalui surat rujukan dari Puskesmas kecuali dalam keadaan darurat.

Lis salamanPuskesmas Batu 10 ini juga membuat program-program baru seperti klinik berhenti merokok, observasi dan perapian gigi serta menangani masalah remaja. Selain itu juga, terdapat program pemberdayaan masyarakat seperti senam akrobatik maupun senam ibu hamil.

Rustam juga menegaskan bahwa puskesmas akan mengembangkan koneksi dengan rumah sakit guna mempermudah masyarakat yang dirujuk kerumah sakit untuk tidak perlu membawa surat rujukan atau semacamnya.

“Mudah-mudahan semua ini dapat memenuhi harapan dan impian masyarakat akan pelayanan yang lebih baik” katanya. (Rani)