Wakil Ketua Komisi II DPRD Natuna Hadiri Safari Ramadhan di Desa Selaut

Tampak Marzuki bersama Camat Bunguran Barat Bukhary, serta para Babinsa.
Tampak Marzuki bersama Camat Bunguran Barat Bukhary, serta para Babinsa.

Natuna, LintasKepri.com – Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna, Marzuki, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker), ke Desa Selaut, Kecamatan Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kunjungan kerja wakil rakyat tersebut, dalam rangka untuk menghadiri kegiatan Safari Ramadhan 1440 hijriyah, yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Bunguran Barat, di Desa Selaut. Pada Selasa (28/05/2019) kemarin.

Dalam lawatannya ke Pulau yang terkenal dengan komoditi cengkehnya tersebut, Marzuki didampingi langsung oleh Camat Bunguran Barat, Bukhary beserta staff, Danramil 03/Sedanau Kapten (Arm) Bambang Hendratno beserta para Babinsa, Kapolsek Bunguran Barat atau yang mewakili, Ketua KUA Bunguran Barat, Lurah Sedanau, Mukhrizal beserta staff, para Kades dan BPD yang ada di Kecamatan Bunguran Barat serta sejumlah masyarakat Sedanau.

Wakil Ketua II DPRD Natuna, Marzuki saat berada didalam kapal pompong, untuk menuju ke Pulau Selaut.
Wakil Ketua II DPRD Natuna, Marzuki saat berada didalam kapal pompong, untuk menuju ke Desa Selaut.

Rombongan berangkat dari Pelabuhan Sedanau, dengan menggunakan kapal motor (pompong), sekitar pukul 16:00 Wib. Sekira 1 jam lebih perjalanan, rombongan pun akhirnya tiba di Pelabuhan Rakyat Desa Selaut, sekitar pukul 17:15 Wib.

Setibanya di pelabuhan yang memiliki panjang ratusan meter tersebut, rombongan disambut hangat oleh Kades Selaut, Abu Hair beserta perangkat Desanya, serta puluhan masyarakat setempat.

Setelah itu, rombongan wakil rakyat dan Pemerintah Kecamatan Bunguran Barat itu, langsung menuju ke Masjid Al-Jihad Desa Selaut, untuk melakukan temu ramah, seraya menunggu waktu berbuka puasa.

Serangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1440 H di Masjid Al-Jihad Desa Selaut.
Serangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1440 H di Masjid Al-Jihad Desa Selaut.

Usai berbuka puasa, para jamaah pun langsung melaksanakan sholat magrib, disusul dengan sholat isya’ dan sholat tarawih secara berjamaah, di Masjid tersebut. Kegiatan Safari Ramadhan tersebut juga diisi dengan kegiatan temu ramah Pemerintah Kecamatan Bunguran Barat dengan masyarakat Desa Selaut, serta ceramah agama.

Rombongan tersebut menyempatkan diri untuk menginap selama satu malam, di Desa Selaut. Dan baru akan kembali ke Pulau Sedanau, usai melaksanakan makan sahur dan sholat subuh berjamaah, pada Rabu (29/05/2019) pagi.

Marzuki, yang memang merupakan wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Natuna III, yang meliputi Kecamatan Bunguran Barat, Bunguran Utara, Bunguran Batubi, Pulau Tiga, Pulau Tiga Barat dan Pulau Laut tersebut, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Safari Ramadhan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Bunguran Barat.

Rombongan Safari Ramadhan Pemerintah Kecamatan Bunguran Barat, saat menuju ke Pulau Selaut.
Rombongan Safari Ramadhan Pemerintah Kecamatan Bunguran Barat, saat menuju ke Pulau Selaut.

Menurutnya, budaya Safari Ramadhan harus terus dilestarikan. Karena, kegiatan yang telah dilakukan turun temurun oleh nenek moyang suku melayu muslim tersebut, dapat dijadikan untuk media penyambung tali silahturahmi antar umat muslim yang ada di daerah tersebut.

“Silahturahmi itu penting, dan harus terus selalu kita jaga. Melalui silahturahmi, kita bisa menjaga ikatan persaudaraan antar umat muslim dan warga negara dalam suatu daerah,” ungkap Marzuki.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tersebut menambahkan, melalui Safari Ramadhan tersebut, masyarakat juga bisa menyampaikan segala aspirasinya kepada Pemerintah secara langsung. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu harus pergi ke pusat pemerintahan di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten untuk menyampaikan keluhannya, karena Pemerintah sendiri telah hadir langsung untuk menemui masyarakatnya, yang ada ditingkat Desa. (Red)