Usai Dilantik, FAN Serasan Ajak Kadis Sosial Natuna Santuni Lansia di Daerahnya

Tampak pengurus FAN Serasan saat menyerahkan bantuan kepada salah seorang Lansia.
Tampak pengurus FAN Serasan saat menyerahkan bantuan sembako kepada salah seorang Lansia.

Natuna, LintasKepri.com – Para pengurus dan anggota Forum Anak Natuna (FAN) tingkat Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), melakukan kegiatan Bakti Sosial (Baksos), dengan memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (Sembako) kepada sejumlah Warga Lanjut Usia (Lansia), yang ada di daerahnya.

Aksi sosial perdana tersebut, dilakukan para pengurus dan anggota FAN Serasan, sesaat setelah mereka dilantik oleh Camat Serasan Muhammad Amin, melalui Sekcam Serasan Wendriady, di Aula Serbaguna Kantor Camat Serasan, pada Jum’at (28/06/2019) pagi.

Tampak Kadis Sosial PPPA Natuna, Kartina Riauwita, bersama anggota FAN Serasan, saat mengunjungi rumah-rumah warga Lansia.
Tampak Kadis Sosial PPPA Natuna, Kartina Riauwita, bersama anggota FAN Serasan, saat mengunjungi rumah-rumah warga Lansia.

Dalam menjalankan aksinya tersebut, FAN Serasan juga mengajak Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Natuna, Hj. Kartina Riauwita, bersama sejumlah Pegawai Dinsos PPPA Natuna, PUSPA Bahari Natuna, P2TP2A Serindit Natuna, KPPAD Natuna serta Bhabinkamtibmas dari Polsek Serasan, Brigadir Saparingga.

Ketua FAN Kecamatan Serasan, Egi Gunawan, mengungkapkan, bahwa dirinya bersama anggotanya mengaku sangat prihatin dengan kondisi para Lansia yang ada didaerahnya, lantaran harus menghabiskan sisa hidupnya jauh dari kata sejahtera. Bahkan untuk mencukupi kehidupan mereka sehari-hari, para Lansia tersebut masih membutuhkan uluran tangan para dermawan.

Kadis Sosial PPPA Natuna, Hj. Kartina Riauwita, tampak memeluk seorang Lansia yang berada di Kecamatan Serasan Timur, seraya menyerahkan bantuan.
Kadis Sosial PPPA Natuna, Hj. Kartina Riauwita, tampak memeluk seorang Lansia yang berada di Kecamatan Serasan Timur, seraya menyerahkan bantuan.

“Kami kasihan melihat mereka, ada yang buta, ada yang tinggalnya numpang dirumah saudaranya, dan ada suami istri yang tinggal disalah satu rumah bantuan dari Pemerintah. Rata-rata mereka semua sudah tidak mampu lagi untuk bekerja menafkahi dirinya sendiri,” ujar Egi, disela-sela kegiatan Baksos.

Sementara itu Kepala Dinsos PPPA Natuna, Hj. Kartina Riauwita, mengaku sangat mengapresiasi aksi perdana dari para pengurus dan anggota FAN Serasan, yang memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi, atas partisipasi mereka menyantuni Lansia yang ada disekitar daerah mereka.

Rombongan Dinsos PPPA Natuna dan FAN Serasan, saat hendak menuju kesalah satu rumah yang terdapat Lansia.
Rombongan Dinsos PPPA Natuna dan FAN Serasan, saat hendak menuju kesalah satu rumah yang terdapat seorang Lansia.

“Ini adalah aksi mereka yang pertama kali, sejak dikukuhkan. Mereka mengajak kami untuk memberikan bantuan sembako kepada para Lansia. Ini kegiatan yang sangat bagus, dan layak menjadi contoh bagi yang lain,” kata Kartina, usai ikut mengunjungi sejumlah Lansia yang ada di Kecamatan Serasan.

Kartina berharap, kegiatan sosial kemanusiaan tersebut bisa terus dijalankan oleh seluruh pengurus dan anggota FAN, baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan maupun ditingkat Desa.

Rombongan Dinsos PPPA Natuna dan FAN Serasan, saat mengunjungi seorang Lansia yang telah berumur 83 tahun.
Rombongan Dinsos PPPA Natuna dan FAN Serasan, saat mengunjungi seorang Lansia yang telah berumur 83 tahun.

“Hal-hal positif seperti ini harus terus mereka tingkatkan. Selain menyantuni Lansia, kedepan mereka juga bisa membuat inovasi baru, untuk perkembangan dan kemajuan daerah mereka sendiri. Karena itu nanti bisa menjadi contoh bagi pengurus FAN yang ada di daerah lain, sebagai salah satu cara untuk mewujudkan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA, red),” ungkapnya.

Selain menyantuni para Lansia yang ada di Kecamatan Serasan, FAN Serasan bersama rombongan Dinsos PPPA Natuna juga memberikan santunan kepada para Lansia yang ada di Kecamatan Serasan Timur.

Laporan : Erwin Prasetio