TMMD ke 102 Kodim 0318/Natuna Tepat Sasaran, Masyarakat Sumringah

img-20180714-wa0018

Natuna, LintasKepri.com – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0318/Natuna Letkol (Inf) Yusuf Rizal, meninjau secara langsung pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 102 di Desa Sabang Mawang Barat, Kecamatan Pulau Tiga, Sabtu (14/07/2018) pagi.

Dengan menggunakan Pompong (Perahu Motor) milik nelayan setempat, Letkol (Inf) Yusuf Rizal didampingi Pasi Intel Kapten (Inf) Narta dan sejumlah rombongan menyeberangi laut dari Pelabuhan Selat Lampa menuju Desa Sabang Mawang Barat.

Waktu penyeberangan memakan waktu sekitar 20 menit, akhirnya rombongan tiba di pelabuhan Desa Sabang Mawang Barat, yang memang lokasi tempat pembangunan fisik semenisasi tidak jauh dari pelabuhan tersebut.

Setibanya di lokasi, terlihat para pekerja berbaju loreng bersama beberapa masyarakat setempat bermandikan air keringat dan adunan semen. Ada yang mendorong grobak semen, ada pula yang sedang melansirkan bahan material berupa pasir dan batu kerikil kedalam mesin pengaduk material (molen).

img-20180714-wa0019_1

Letkol (Inf) Yusuf Rizal saat diwawancarai oleh beberapa awak media mengatakan, bahwa hingga saat ini pekerjaan fisik pada TMMD yang ke-102 kali ini di nilai sudah cukup baik. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti kerusakan pada beberapa alat pekerja.

“Saat ini pengerjaannya memang saya liat sudah cukup baik, walaupun ada alat kita yang rusak juga. Namun tetap kita upayakan agar bisa beroprasi,” ujar Dandim.

Kata Dandim, selain melaksanakan beberapa pembangunan fisik dan non fisik di Desa Sabang Mawang Barat Kecamatan Pulau Tiga, pada TMMD kali ini, pihaknya juga melaksanan beberapa progam pembangunan fisik di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kabupaten Kepulauan Anambas diketahui masih merupakan wilayah pertahanan Kodim 0318/Natuna.

“Kita juga melaksanakan karya bakti di Anambas, karena masih wilayah kita. Kegiatan yang kita laksanakan seperti pembukaan jalan, pengerasan jalan dan rehap rumah tidak layak huni, serta rumah ibadah,” ujarnya.

img-20180714-wa0017_1

Dengan adanya kegiatan TMMD ini kata Dandimm diharapkan kedepannya bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Kecamatan Pulau Tiga khususnya, serta ada tindak lanjut dari Pemerintah Daerah Natuna. Terlebih beberapa titik lokasi yang di jadikan sasaran TMMD kali ini akan di jadikan tempat perhelatan MTQ yang ke-X tingkat Kabupaten Natuna tahun 2020.

“Harapan kami tentunya nanti akan di tindak lanjuti lagi oleh Pemerintah Daerah, karena di sini kan nanti akan di jadikan lokasi MTQ,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sabang Mawang Barat Zakaria, menyambut gembira dengan di jadikan Desanya sebagai pusat kegiatan TMMD yang ke-102. Pasalnya, Desa Sabang Mawang merupakan salah satu daerah yang tertinggal dari segi pembangunan fisik seperti jalan lingkar.

Jalan lingkar Desa Sabang Mawang yang di bangun sejak 2007 itu menghubungkan antara Desa Sabang Mawang Barat menuju Desa Tanjung Batang, dan Dusun Teluk Melam.

“TMMD ini sungguh sangat berarti bagi kami, 100 persen saya atas nama masyarakat sepenuhnya mendukung dan bersyukur atas kegiatan TMMD ini. Terimakasih kami ucapkan kepada para TNI AD, yang telah menjadikan Desa kami sebagai sasaran program TMMD,” ujar Zakaria.

img-20180714-wa0016

Hal yang sama juga di ucapkan oleh Kepala Desa Tanjung Batang, Zuldi. Ia menjelaskan, pembangunan fisik berupa semenisasi yang menghubungkan Desanya ke Desa Sabang Mawang Barat dengan jarak 437 meter dan lebar 5 meter itu, akan mempermudah akses bagi masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari, dan diharapkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Ia menuturkan, jika cuaca hujan, jalan tersebut tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan bermotor. Karena saat musim penghujan tiba, jalan yang masih terbuat dari tanah merah tersebut, akan berubah menjadi lumpur yang sangat licin.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Tanjung Batang, mengucapkan terimakasih kepada TNI AD, yang telah membangun jalan di Desa kami. Sehingga masyarakat akan lebih mudah dan nyaman untuk pergi ke Desa Sabang Mawang Barat, maupun sebaliknya,” ungkap Zuldi bersyukur.

Sebelumnya kata Zuldi, pihaknya telah menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakatnya untuk turut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan program TMMD yang ke-102, oleh Kodim 0318/Natuna.

“Saya menghimbau seluruh masyarakat dari RT, RW hingga ke tingkat lebih tinggi untuk terlibat dalam kegiatan ini. Semua ini untuk kita bersama,” pungkasnya.

Laporan : Erwin Prasetio

Baca juga :

Top