Tinjau Pertahanan di Pulau Terluar, Panglima TNI Kunjungi Natuna

LPP Gurindam web
Rombongan Panglima TNI saat tiba di Teluk Buton, untuk meninjau Rai Armed dan Pos Satrad AU.
Rombongan Panglima TNI saat tiba di Teluk Buton, untuk meninjau Rai Armed dan Pos Satrad AU.

Natuna, LintasKepri.com – Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Natuna. Senin (23/04/2018) siang.

Panglima datang bersama Ketua Dharma Pertiwi TNI, Nanny Hadi Tjahjanto, Aspers Panglima TNI, Maksda TNI Deni Permadi, Aslog Panglima TNI, Laksda TNI Bambang Nariono, Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, Askomlek Panglima TNI, Maksda TNI Bonar Halomoan Hutagaol, Kapuspen TNI, Mayjen TNI Mohammad Sabrar, Kapuskes TNI, Mayjen TNI Ben Yura Rimba, Pangkostrad , Letjen TNI Agus Kriswanto, Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiono, Asops Kasad,  Mayjen TNI Moch. Fahrudin, Aslog Kasad, Mayjen TNI Irwan, Asops Kasau Marda TNI Bahrim, Aslog Kasau, Marda TNI Eko Suprianto dan sejumlah pejabat tinggi TNI lainnya.

Kedatangan Panglima TNI beserta rombongan di Bandara Ranai.
Kedatangan Panglima TNI beserta rombongan di Bandara Ranai.

Rombongan Panglima tiba di Lanud Raden Sadjad Ranai sekitar pukul 09:45, dengan menumpangi Pesawat Boeing 737 VIP milik TNI AU. Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI Ibnu Triwidodo, Danrem 033/WP, Brigjend TNI Gabriel Lema, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Kapolda Kepri, Irjend Pol Didid Widjanardi, Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksma TNI R. Eko Suyatno, Danguskamlabar, Laksma TNI David Santoso, Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal, Danlanud RSA, Kolonel (Pnb) Azhar Aditama, Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, Dandim 0318/Natuna, Letkol (Inf) Yusuf Rizal, Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Anggota DPRD Natuna dan sejumlah tokoh masyarakat.

Tujuan kunjungan Panglima beserta rombongan ke Natuna, dalam rangka melakukan peninjauan pembangunan kawasan pertahanan dan kesiap siagaan Prajurit TNI dari mulai Laut, Udara dan Darat, yang bertugas diwilayah perbatasan.

Panglima TNI beserta rombongan saat meninjau Faslabuh TNI AL di Selat Lampa.
Panglima TNI beserta rombongan saat meninjau Faslabuh TNI AL di Selat Lampa.

Setibanya di Ranai, Panglima beserta rombongan langsung menuju ke Pos Pamputer Pulau Sekatung, di Kecamatan Pulau Laut, lalu meninjau Rai Yon Armed dan Pos Satrad AU Tanjung Datuk di Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara, lalu melanjutkan peninjauan ke Yon Komposit AD di Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, sekaligus melakukan brifing, sholat berjamaah dan makan siang.

Setelah itu, Panglima pun juga sempat melakukan peninjauan ke Faslabuh milik TNI AL di Selat Lampa Kecamatan Pulau Tiga. Sebelum kembali ke Mabes TNI di Jakarta sekitar pukul 17:00 Wib, Panglima ditemani Ketua Dharma Pertiwi, juga menyempatkan diri terlebih dahulu untuk meninjau Rumah Sakit, Mess Prajurit dan Hanggar Integratif di Mako Lanud RSA.

Bupati Natuna bersama Wakil DPR RI, Kapolda Kepri, Kejari dan Kapolres Natuna, saat makan siang.
Bupati Natuna bersama Wakil DPR RI, Kapolda Kepri, Kejari Natuna dan Kapolres Natuna, saat makan siang.

Selama peninjauan, Panglima TNI beserta rombongan menggunakan 2 unit Helikopter jenis EC 725 dan MI 17 milik TNI AD.

Dalam sambutannya Hadi Tjahjanto mengatakan, bahwa dirinya sangat bangga dengan para Prajurit TNI dan Polri yang bertugas di Natuna, atas solidaritas dan soliditas yang terjalin antar kedua lembaga vertikal tersebut.

“Terimakasih, kalian telah tunjukkan soliditas kepada seluruh masyarakat. Dan masyarakat juga merasakan bahwa ketertiban, keamanan dan kenyamanan diwilayah ini, juga pasti akan terjamin,” ungkap Hadi Tjahjanto di Yon Komposit AD Sepempang, disela makan siang.

Panglima TNI Marsekal Hadi Cjahjanto, tampak tengah menggendong balita anak dari seorang Prajurit TNI.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, tampak tengah menggendong balita anak dari seorang Prajurit TNI.

Ia juga menyanjung para persatuan istri TNI dan Polri, dari mulai Persit Candra Kirana, Pia Ardhya Garini, Jalasenastri dan Bhayangkari, yang tampak selalu solid dan kompak, dalam melaksanakan berbagai hal positif, selama mendampingi suaminya dalam bertugas.

“Mudah-mudahan situasi seperti ini bisa dipertahankan dengan baik,” katanya.

Hadi Tjahjanto juga meminta kepada seluruh Dharma Pertiwi, agar bisa menjaga, merawat dan mendidik putra putrinya dengan baik, agar kedepan bisa mengikuti jejaknya hingga mendapatkan pangkat Jenderal.

“Saya dulu juga digendong sama Ibuk saya waktu ada acara seperti ini. Bapak saya juga seorang TNI berpangkat Prajurit sama seperti kalian. Makanya saya do’akan semoga putra putri kalian nanti bisa menjadi seorang Jenderal. Kalian juga harus mendidik dengan baik putra putri kalian dan selalu berdo’a,” ungkap Hadi Tjahjanto, yang langsung diamini oleh seluruh Prajurit.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, ke Daerah yang terletak diujung utara NKRI tersebut, selama menjabat sebagai Panglima TNI. Sebelumnya, Jenderal Bintang Empat (4) tersebut, juga pernah menyambangi Natuna, waktu masih menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau).

Laporan : Erwin Prasetio