Tercatat 62 Kebakaran Terjadi Sejak 3 Bulan Terakhir di 2016

Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karimun
Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karimun

Karimun, LintasKepri.com – Dari Januari hingga Maret 2016 tercatat 62 kejadian kebakaran di Kabupaten Karimun. Untuk 60 kejadian meliputi kebakaran lahan, dan 2 kejadian terbakarnya rumah dan ruko. Salah satu faktor dikarenakan unsur kesengajaan
dengan tujuan membuka lahan dengan cara membakar hutan.

Bertempat di Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karimun, Kabid Perlindungan Masyarakat dan Pemadam Kebakaran, Terang Pesta mengatakan selama 3 bulan terakhir telah menangani 62 kasus terjadinya kebakaran.

“Kebanyakan kebakaran lahan,” katanya saat dikonfirmasi LintasKepri.com, Jumat (8/4).

Temuan di lapangan, sambungnya, salah satu faktor karena adanya unsur kesengajaan dari masyarakat yang ingin memanfaatkan momen musim kemarau dengan maksud membuka lahan dengan cara membakar.

Perihal jumlah anggota (personil) hingga fasilitas Damkar sendiri, dirinya menjelaskan ada 30 orang personil dimana 20 personil memiliki keahlian (skill) di bidangnya, dan 10 personil belum memiliki keahlian.

“Untuk fasilitas kita memiliki 3 unit mobil pemadam. Satu unit mobil mampu menampung air sebanyak 5000 Liter, dan 1 unit 4000 Liter sedangkan 1 unitnya lagi 3000 Liter, ditambah dengan 1 unit mobil pemandu,” paparnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dengan sengaja karena dapat berakibat fatal dan mengganggu kenyamanan di masyarakat.

“Silahkan menghubungi nomor pelayanan Damkar 0777-327292 atau nomor HP 0852-64456727 jika terjadi kebakaran,” tegasnya. (zie)