SMK Negeri 1 Tanjungpinang Gelar Job Fair Skansa Expo 2024

Muhammad Faiz
SMK Negeri 1 Tanjungpinang Gelar Job Fair Skansa Expo 2024
Para pencari kerja (pencaker) antusias mengikuti Job Fair Skansa Expo 2024, Selasa (27/8/2024). Foto: Lintaskepri/Mfz

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN) Tanjungpinang secara resmi membuka lowongan pekerjaan melalui Job Fair Skansa Expo 2024, Selasa (27/8/2024).

Acara ini merupakan bagian dari upaya mendukung program pemerintah dalam pengentasan pengangguran, khususnya di Kota Tanjungpinang.

Skansa Expo 2024, yang berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 Agustus, mengusung tema Budaya Nusantara di Era Industri 4.0.

Selain job fair, acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti bazar dan pentas seni.

Kepala SMKN 1 Tanjungpinang, Sulasmi, menyampaikan acara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 serta HUT SMKN 1 Tanjungpinang yang ke-68.

“Job fair ini adalah ajang bagi para pencari kerja untuk langsung bertemu dengan perusahaan yang diminati. Ini sebagai komitmen sekolah untuk terus meningkatkan kompetensi angkatan kerja yang kompetitif dan berdaya saing,” ujar Sulasmi.

Ia melanjutkan, sebanyak 21 perusahaan dari berbagai sektor, mulai dari industri elektronik hingga ritel, turut berpartisipasi dalam job fair ini.

“Alhamdulillah, sudah ada sekitar 2.000 pelamar yang melamar secara online. Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat kita,” tambahnya.

Imam Suseno, tim pakar pengembangan mutu SMK dari Kemendikbudristek RI, mengapresiasi penyelenggaraan acara ini.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu program bantuan yang dicanangkan oleh pemerintah sebagai wujud nyata peningkatan kualitas peserta didik di Indonesia.

“Kita terus berupaya mengasah keterampilan siswa berdasarkan kompetensi yang dimiliki, sehingga mereka siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Imam juga menegaskan pentingnya pendidikan berbasis kejuruan dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten untuk Indonesia Emas 2045.

“Diharapkan siswa SMK menjadi penyumbang terbesar kebutuhan sumber daya manusia di berbagai sektor industri di Indonesia,” tegasnya.

Salah satu pelamar, Nanang, mengaku tujuannya datang ke Job Fair tidak hanya untuk mencari peluang kerja, tetapi juga untuk menikmati pentas seni dan bazar.

Menurutnya, acara seperti ini sangat dinantikan oleh masyarakat Kepulauan Riau, terutama di tengah tingginya angka pengangguran.

“Bagus sekali acaranya, kalau bisa dibuka terus. Sekarang cari kerja susah, mudah-mudahan saya diterima di perusahaan yang saya lamar,” harap warga Kijang, Kabupaten Bintan ini.

Job Fair Skansa Expo 2024 ini diadakan dengan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kota Tanjungpinang, dan Pemerintah Kabupaten Bintan.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan lomba seni antar pelajar dari Tanjungpinang dan Bintan. Serta, bazar makanan tradisional dan kekinian yang diolah langsung oleh siswa SMKN 1 Tanjungpinang. (Mfz)

Editor: Ism

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *