Sistem E-Ticketing Mulai Diuji Coba

Segera Diterapkan di Pelabuhan SPB Tanjungpinang

Sistem E-Ticketing Mulai Diuji Coba
Suasana di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. Tak lama lagi, pelabuhan akan menerapkan sistem e-ticketing. Foto: Lintaskepri/Ism

Lintaskepri.com, Tanjungpinang – Sistem E-Ticketing atau tiket elektronik akan segera hadir untuk memudahkan proses pembelian tiket di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. Saat ini, sistem tersebut masih dalam tahap uji coba selama dua minggu ke depan.

Menurut Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Tanjungpinang, Topan Wisnu, uji coba ini dilakukan oleh pihak aplikator PT MKP untuk memastikan kelancaran sistem sebelum diluncurkan secara resmi kepada masyarakat.

“Nantinya, masyarakat dapat membeli tiket secara online melalui M Kios dan Safe Kios yang disediakan oleh petugas pelabuhan, atau mengunduh aplikasi di Playstore maupun situs website,” jelas Topan, Sabtu (15/6/2024).

Selain itu, ia menambahkan, bagi penumpang yang tidak memiliki smartphone atau kesulitan mengakses internet tidak perlu khawatir. Penumpang masih dapat membeli tiket secara langsung di M Kios atau Safe Kios yang tersedia di pelabuhan.

“Petugas akan membantu dalam pembelian tiket dan memberikan panduan yang jelas,” tuturnya.

Kendati demikian, hingga kini Topan belum dapat memastikan tanggal resmi peluncuran E-Ticketing. Karena, masih ada beberapa tahapan proses yang harus dilalui sesuai dengan aturan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

“Jika E-Ticketing dinyatakan memenuhi syarat, maka tiket manual secara keseluruhan akan ditiadakan dan beralih ke pembelian online melalui mesin E-Ticketing,” imbuhnya.

Selama masa uji coba, akan dilakukan evaluasi dan verifikasi ulang untuk memastikan sistem E-Ticketing telah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Jika semua berjalan lancar, maka E-Ticketing akan segera diluncurkan dan siap digunakan oleh masyarakat,” pungkas Topan. (Mfz)

Editor: Ism